Membuat Font Pribadi di Windows - Sijunjung Xcoder

Membuat Font Pribadi di Windows

Membuat Font Pribadi di Windows - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Membuat Font Pribadi di Windows, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tahukah Anda?, Artikel Trik, Artikel Trik dan Info, Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Membuat Font Pribadi di Windows
link : Membuat Font Pribadi di Windows

Baca juga


Membuat Font Pribadi di Windows

Maestro - Di dalam Windows bawaan Anda, pastinya sudah terdapat berbagai macam jenis Font (huruf) dan Special Character standart yang bentuknya rata-rata hanya itu-itu saja. Mungkin Anda bisa menambahkan jenis font dengan membeli CD Font yang beredar di pasaran, atau mendownload dari internet.

Sekedar tambahan saja, mungkin Anda bisa melihat koleksi Font bawaan Windows Anda melalui “Start > All Program > Accessories > System Tools > Character Map”. Disitu terdapat semua jenis-jenis Font yang terinstall di komputer Anda baik original dari Windows maupun tidak original alias sudah pernah ditambahkan sendiri.

Namun pernahkah terpikirkan untuk membuat font buatan sendiri…? 
Dan membuat font pribadi ini tidak memerlukan program aneh-aneh, cukup mengandalkan sedikit aplikasi-aplikasi bawaan Windows. Yuk, kita coba membuat Font pribadi bikinan sendiri, dan yang pastinya hanya ada di komputer Anda dan tidak akan ada kembarannya…
Pertama-tama, buka menu Run (Start > Run atau tekan tombol Windows + R ).
Pada menu Run, ketikkan eudcedit > OK.


Pilih dan klik salah satu kotak yang tersedia pada “Select Code”. Kotak-kotak ini berfungsi sebagai map dari Font ataupun Special Character.
Anda akan dihadapkan dengan jendela “Private Character Editor”, disana terdapat jendela dengan grid-grid yang mempunyai ukuran 64×64 Grid. Di jendela itulah Anda dapat membuat Font atau Special Character sesuai keinginan Anda.

Untuk memulai menggambar, gunakan tools editing yang ada pada toolbar yang terletak disamping kiri jendela Grid. Tool editing yang terdapat dalam program ini sangat sederhana, sehingga tidak sulit untuk mempelajarinya.

Sebagai alternatif, jika Anda ingin mengambil Font atau Special Character yang sudah ada dari bawaan Windows, klik menu “Edit > Copy Character” atau “Windows > Reference”.

Setelah sampai langkah diatas, pastikan Font Anda sudah selesai dibuat dan siap untuk digunakan karena sekarang kita akan melanjutkan untuk menggunakan Font pribadi tersebut ke dalam program teks editor seperti NotePad atau MSWord. Simak terus ya… 

Buka program teks editor seperti NotePad atau Microsoft Word.
Kemudian masuk ke “Start > All Program > Accessories > System Tools > Character Map”.
Setelah itu, klik menu pulldown pada “tab font”, kemudian pilih “All Font (Private Character).”
Kemudian tinggal Copy & Paste ke dalam jendela teks editor Anda.

Sekarang Anda sudah memiliki karakter Font pribadi buatan Anda sendiri dalam komputer Anda, dijamin tidak akan ada kembarannya di komputer lain, kecuali Anda membagikannya… Selamat Berkreasi…



Demikianlah Artikel Membuat Font Pribadi di Windows

Sekianlah artikel Membuat Font Pribadi di Windows kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Membuat Font Pribadi di Windows dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2013/08/membuat-font-pribadi-di-windows.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done