Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text - Sijunjung Xcoder

Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text

Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aplikasi Software, Artikel Pemrograman Delphi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text
link : Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text

Baca juga


Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text

Apa yang baru ya..? oh iya terima kasih telah membaca artikel post sebelumnya Belajar Delphi Memasukan Suara/Musik. Membahas tentang running text pasti angan-angan kamu tulisannya bisa berlari. Ya,benar itu istilah indonesianya hahaha..,bukan sekedar itu saya akan bahas cara berjalannya dan berganti caption secara otomatis. Ini materi masih awal-awalnya menjadi pemogramman yang handal, jadi bertahap ya kawan kalau ingin menjadi master coding itu butuh proses.


Belajar Delphi Text Berjalan/Running Text

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah gunakan komponen “TLabel” dan masukan pada form Delphi kamu dan beri caption yang kamu inginkan. Misalnya saya beri caption “Selamat Datang” nah jangan lupa untuk mengganti font nya biar keren.

Tahap kedua, kamu memerlukan komponen “TTimer”,masukan komponen timer kedalam form. Komponen ini digunakan untuk pengganti caption dan pergerak tulisan tersebut.

Tahap ketiga, buatlah variable pemanggilnya contohnya seperti dibawah ini.

var
  a :integer;

Tahap akhir,Klik kotak Form dan masuk ke Properties-Events,dan klik Event,lanjut Klik dua kali pada samping kanan OnAktivate dan isikan syntax code setelah begin a:=1; .Kalau masih belom paham coba lihat gambar dibawah ini.

Tahap akhir pengisian syntax codenya pada Timer1,jangan lupa dibawah begin,seperti ini.

Label1.Left := Label1.Left - 2;
if (label1.Left <=1) then
begin
label1.Left := 664;

a:= a+1;
if a=1 then
begin
label1.Caption := '…………………….';
end
else
if a=2 then
begin
label1.Caption := '………………………..';
end
else
if a=3 then
begin
label1.Caption := '……………………..';
a:=0;
end;
end;
end;

Untuk titik-titik itu adalah caption yang akan muncul saat berjalan,isikan sesuai yang kamu inginkan.

Sekian untuk belajar delphinya, see you next time.






Demikianlah Artikel Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text

Sekianlah artikel Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar Delphi Text Berjalan atau Running Text dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2017/07/belajar-delphi-text-berjalan-atau.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done