Cara Membuat Kalkulator dengan PHP - Sijunjung Xcoder

Cara Membuat Kalkulator dengan PHP

Cara Membuat Kalkulator dengan PHP - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Kalkulator dengan PHP, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aplikasi Software, Artikel Pemrograman, Artikel Pemrograman Delphi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Kalkulator dengan PHP
link : Cara Membuat Kalkulator dengan PHP

Baca juga


Cara Membuat Kalkulator dengan PHP

Hallo,lama tidak update,karena saya fokus kuliah akhirnya bisa update post baru. Pada kesempatan kali ini saya akan bagikan pengalaman pelajaran Pemrograman Web mengenai PHP. Mata kuliah Pemrograman Web ini saya dapatkan pada semester 3 baru-baru ini. Pertama-tama apa sih PHP? PHP (Hypertext Prepocessor) adalah bahasa skrip yang ditananamkan pada htlm.Apakah kamu masih bingung pengertian html? Html (HyperText Markup Language)  adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Jadi menurut saya,berdirinya sebuah situs/web dimanis itu karena adanya skrip-skrip PHP. Dan jangan lupa dalam hal ini harus install juga Xampp. Xampp ini menurut saya banyak kegunaannya selain sebagai penampung folder php kita,xampp juga berfungsi sebagai media penghubung database.Ok, kembali lagi ke topik kita.

Membuat Kalkulator Sederhana dengan PHP

Langkah Pertama Buka Software Dreamweaver / notepad++, saya sih menggunakan Dreamweaver 8 dalam hal semacam ini karena software ini mudah digunakan dan banyak icon-icon panduannya. Seperti gambar berikut:
kita bisa menuliskan skrip code langsung dan kita juga bisa menggunakan beberapa icon-icon seperti untuk pembuatan table,text field,dan masih banyak lagi. Kalau kamu menggunakan notepad++ hanya bisa menuliskan skrip code saja.

Skrip Code Kalkulator Sederhana dengan PHP

<html>
<head> </head>
<body>
<br><br><br>
kalkulator
<form method = "POST" action ="index.php">
<table>
<tr>
<td> nilai a </td>
<td>:</td>
<td><input type="text"name="a">
</td>
</tr>
<tr>
<td> nilai b </td>
<td>:</td>
<td><input type="text"name="b">
</td>
</tr>
</table>
<br>
<tr>
<td><input type="submit" name="+" value="+" ></td>
<td><input type="submit" name="-" value="-" ></td>
<td><input type="submit" name="x" value="x" ></td>
<td><input type="submit" name="/" value="/" ></td>
</tr>
</form>

<?php
$a=$_POST['a'];
$b=$_POST['b'];

if ($_POST['+'])
{
$hasil=$a+$b;
echo "hasilnya adalah $hasil";
}
else if ($_POST['-'])
{
$hasil=$a-$b;
echo " hasilnya adalah $hasil";
}
else if ($_POST['x'])
{
$hasil=$a*$b;
echo "hasilnya adalah $hasil";
}
else if ($_POST['/'])
{
$hasil=$a/$b;
echo " hasilnya adalah $hasil";
}
?>
</body>

</html>

Setelah Selesai buat dulu folder kosong beri nama folder kalkulator pada C:\xampp\htdocs lalu kembali ke skrip code tadi,dan simpan dengan nama index.php letakan pada folder kalkulator tersebut. 

Cara melihat hasilnya buka browser kamu,ketik : localhost/kalkulator 

Demikian artikel ini telah saya sampaikan,mengenai membuat kalkulator dengan php. Terima kasih telah berkunjung,See you next time guys.



Demikianlah Artikel Cara Membuat Kalkulator dengan PHP

Sekianlah artikel Cara Membuat Kalkulator dengan PHP kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Kalkulator dengan PHP dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2017/11/cara-membuat-kalkulator-dengan-php.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done