Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android - Sijunjung Xcoder

Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android

Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel How To, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android
link : Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android

Baca juga


Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android


Mode recovery merupakan mode yang menampilkan menu sistem yang sangat berguna untuk memulihkan perangkat kamu jika terdapat banyak masalah yang ingin diselesaikan. Setiap perangkat memiliki stock Recovery yang sama dan juga kamu dapat menginstall Custom Recovery seperti TWRP, ClockworkMod, dll

Ketika kamu memasuki mode Recovery(stock), terdapat banyak menu yang tersedia, seperti:
  • reboot system
  • menerapkan update dari ADB
  • update/recover dari SD card
  • wipe data/factory reset
  • wipe partisi cache
  • dll.
Menu yang ada pada stock Recovery dapat berbeda-beda tergantung dari jenis perangkat yang digunakan.

Dalam Custom Recovery, menu yang terdapat lebih banyak dibanding dengan stock Recovery. Kamu dapat melakukan Backup & Restore, Factory Reset, Flash/Install flashable zip, Mount, dan masih banyak lagi.

Cara yang digunakan untuk memasuki stock Recovery maupun Custom Recovery adalah sama. Jadi, kamu tetap dapat menggunakan cara dibawah jika kamu telah menginstall Custom Recovery.

Cara biasa

Ini merupakan cara yang paling umum dan sering digunakan karena dapat digunakan untuk semua perangkat Android. Silahkan ikuti langkah dibawah:

1. Matikan perangkat kamu
Tekan dan tahan tombol Power, dan pilih "Power off". Jika touchscreen perangkat kamu tidak tidak responsif, tekan dan tahan terus tombol Power hingga perangkatnya mati.

2. Tekan dan tahan kombinasi tombol tertentu
Untuk kebanyakan perangkat, tombol yang ditekan yaitu tombol Power + Volume Down. Kombinasi umum lainnya yaitu:
Power + Volume Down + Volume Up - Nexus
Power + Volume Up + Home - Samsung
Power + Volume Down + Home - Moto X


Cara alternatif


Cara alternatif ini hanya dapat digunakan pada perangkat Android yang menggunakan Custom ROM saja(menu Advanced Reboot hanya tersedia di Custom ROM). Silahkan ikuti langkah dibawah:

1. Aktifkan Advanced Reboot
Masuk ke Settings > Developer Options kemudian cari Advanced Reboot dan aktifkan.

2. Reboot ke Recovery Mode
Tekan dan tahan tombol Power, dan pilih "Reboot". Dengan aktifnya Advance Reboot, tersedia 3 menu Reboot: System, Recovery, dan Bootloader. Pilih Recovery maka perangkat akan melakukan reboot dan memasuki mode Recovery.


Jika kamu memiliki stock Recovery, gunakan tombol Volume Up & Down untuk melakukan navigasi. Dan gunakan tombol Power untuk melakukan pilihan.

Beberapa perangkat akan memasuki mode Bootloader terlebih dahulu sebelum dapat masuk ke mode Recovery. Untuk mengaksesnya, dari menu Bootloader, gunakan tombol Volume untuk mengarahkan ke pilihan Recovery, kemudian tekan tombol Power untuk memilih.

Jika dilihat dari kedua cara diatas, yang paling mudah dilakukan adalah menggunakan Advanced Reboot. Namun, kamu harus menginstall Custom ROM terlebih dahulu. Gunakan Search Engine untuk mencari Custom ROM yang sesuai dengan perangkat kamu.



Demikianlah Artikel Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android

Sekianlah artikel Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Memasuki Mode Recovery dan Alternatifnya di Android dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/08/cara-memasuki-mode-recovery-dan.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done