Pendekatan Pendapatan (Ekonomi) - Sijunjung Xcoder

Pendekatan Pendapatan (Ekonomi)

Pendekatan Pendapatan (Ekonomi) - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pendekatan Pendapatan (Ekonomi), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ekonomi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pendekatan Pendapatan (Ekonomi)
link : Pendekatan Pendapatan (Ekonomi)

Baca juga


Pendekatan Pendapatan (Ekonomi)

Pendekatan Pendapatan atau income approach merupakan salah satu metode yang termasuk dalam Perhitungan Pendapatan Nasional yang memiliki definisi sebagai suatu pendekatan yang menyatakan pendapatan nasional diperoleh dengan cara menjumlahkan seluruh pendapatan dari berbagai faktor produksi yang memberi sumbangan/bantuan terhadap proses produksi (yang ikut menjalankan proses produksi).

Yang dimaksud dari pernyataan diatas adalah pendapatan nasional didapat dari penjumlahan kompensasi untuk pekerja, keuntungan perusahaan, pendapatan usaha perorangan, pendapatan sewa, dan bunga neto.


Berikut pembahasannya :

Kompensasi untuk pekerja (compensation for employees).

Pekerja mendapat upah dan gaji serta penerimaan lain, seperti pemberian tunjangan pensiun, jaminan sosial, dan pendapatan lainnya.

Keuntungan Perusahaan (corporate profits).

Keuntungan perusahaan merupakan pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan karena mengelola sumber daya yang dimilikinya.
Keuntungan perusahaan tersebut ada yang digunakan untuk membayar pajak, membayar deviden, dan ada pula yang berupa laba yang ditahan untuk pengembangan perusahaan lebih lanjut.

Pendapatan Usaha Perorangan (sole proprietor's income).

Pendapatan usaha perorangan merupakan pendapatan yang diterima dari penggunaan tenaga kerja dan hasil usaha perorangan. Contohnya seperti penjahit, tukang pembangun rumah, petani yang memiliki atau mendapatkan penghasilan sendiri.
Dengan kata lain, pendapatan usaha perorangan adalah pendapatan dari usaha perorang, kongsi, dan bentuk kerja sama antar individu dalam suatu bidang produksi.

Pendapatan Sewa (rental income of person).

Pendapatan sewa merupakan balas jasa yang diberikan kepada pihak penyewa atau pemilik sumber daya yang digunakan dalam kegiatan ekonomi.
Contohnya adalah Sewa usaha real estate, hak cipta, hak paten, serta hak atas sumber daya yang digunakan tersebut.

Bunga Neto (net interest).

Bunga yang dimaksud disini adalah bunga yang dibayar oleh perusahaan dikurangi dengan bunga yang diterima oleh perusahaan, ditambah bunga neto yang diterima dari luar negeri.
Bunga yang dibayar oleh pemerintah (pemerintah pusat dan pemerintah daerah) dan bunga yang dibayar oleh konsumen tidak termasuk didalamnya, sebab bunga yang dibayar oleh pemerintah dan konsumen tidak menunjukkan peningkatan pendapatan dari produksi secara langsung.


Rumus Pendapatan Nasional berdasarkan Pendekatan Pendapatan.

Secara sistematis, pendapatan nasional berdasarkan pendekatan pendapatan dapat dirumuskan sebagai berikut :
Y  =  w  +  r  +  i  +  p
Keterangan :
  • Y   = Pendapatan Nasional (National Income).
  • w   = Pendapatan dari upah, gaji, dan pendapatan lainnya sebelum dipotong pajak.
  • r   = Pendapatan bersih dari sewa (rental income).
  • i   = Pendapatan dari bunga.
  • p   = Pendapatan dari keuntungan perusahaan dan pendapatan usaha perorangan.

Pendapatan nasional yang diperoleh dari hasil penjumlahan pendapatan berbagai faktor produksi ini dinamakan pendapatan nasional atas dasar pendapatan faktor(national income as factor income) atau pendapatan nasional atas dasar biaya produksi(national income as factor cost).


Terima kasih telah membaca artikel ini.



Demikianlah Artikel Pendekatan Pendapatan (Ekonomi)

Sekianlah artikel Pendekatan Pendapatan (Ekonomi) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pendekatan Pendapatan (Ekonomi) dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2017/09/pendekatan-pendapatan-ekonomi.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done