Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi) - Sijunjung Xcoder

Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi)

Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi) - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ekonomi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi)
link : Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi)

Baca juga


Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi)

Halo jumpa lagi dengan saya di AKTIVITAS BLOG, kali ini saya menulis artikel tentang pelajaran Ekonomi yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang, yaitu "Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen".

Dimana judul dari artikel ini termasuk dalam pembahasan Perilaku Konsumen. Kita telah mengenal apa yang dimaksud dengan "konsumen", jika dikatakan secara langsung yang dapat dikatakan sebagai konsumen adalah kita sendiri karena secara singkatnya konsumen merupakan arti dari kata pemakai/pengguna.

Berikut pembahasan yang lebih jelasnya.


Pengertian Konsumsi dan Konsumen.

Konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau pun menghabiskan nilai guna suatu barang dan jasa. Memakai sendal atau sepatu merupakan kegiatan konsumsi karena mengurangi nilai guna sandal/sepatu, begitu juga dengan memakan daging ayam dapat disebut sebagai kegiatan konsumsi karena menghabiskan nilai guna daging ayam.
Contoh diatas merupakan contoh yang sederhana dari kegiatan konsumsi.

Masih banyak lagi contoh lain dari kegiatan konsumsi karena sebagai manusia kita memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.
Contoh yang lainnya adalah bermain bulu tangkis, mengoperasikan komputer, menggunakan kendaraan, menelpon, berobat ke dokter, bermain sepak bola, menonton televisi, dan lain sebagainya.
"Kegiatan yang dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan yang sifatnya dapat mengurangi atau pun menghabiskan nilai guna suatu barang dan jasa" Disebut sebagai Konsumsi.

Konsumen adalah orang atau pihak yang melakukan kegiatan konsumsi tersebut, dengan kata lain konsumen adalah pelaku dari konsumsi.
Contohnya adalah seorang kuli bangunan merupakan konsumen dari pasir, semen, dan alat bangunan lainnya, seorang petani merupakan konsumen dari pupuk dan alat pertanian lainnya, dan seorang siswa merupakan konsumen dari pendidikan dan alat-alat pendidikan.

Bahkan semua orang dapat berperan sebagai konsumen, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan(baik kebutuhan primer, sekunder, atau pun tersier) seperti makanan, minuman, pakaian, aksesoris, berekreasi, dan sebagainya.

Jadi dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
Konsumsi adalah kegiatan yang dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan yang sifatnya dapat mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang dan jasa. Sedangkan Konsumen adalah orang yang melakukan konsumsi atau orang yang melakukan kegiatan untuk mengurangi nilai guna suatu barang/jasa.

Tujuan Konsumsi.

Berdasarkan pembahasan diatas dapat dikatakan bahwa tujuan konsumsi yang sebenarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia guna memperoleh kepuasan. Jadi tujuan utama dari kegiatan konsumsi adalah kepuasan.
Jika kita sedang haus, maka minuman yang segar yang akan membuat kita merasa puas, begitu juga dengan makan, jika kita lapar maka makan yang membuat kepuasan kepada kita.

Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga artikel lainnya dari blog ini ya...



Demikianlah Artikel Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi)

Sekianlah artikel Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Tujuan dari Konsumsi dan Konsumen (Ekonomi) dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2017/09/pengertian-dan-tujuan-dari-konsumsi-dan.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done