3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018 - Sijunjung Xcoder

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018 - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, Artikel Programming, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
link : 3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018

Baca juga


3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018

Ingin Bekerja Sebagai Programmer Dengan Gaji Yang Tinggi?
Mungkin di tahun 2018 ini Anda merasa mencari pekerjaan itu sulit. Apalagi di dunia IT, yang semakin lama semakin berkembang. Ditambah banyaknya bahasa pemrograman yang baru terus bermunculan membuat pekerjaan IT semakin sulit. Benarkah demikian ? Apabila Anda merasa mencari pekerjaan IT itu sulit, mungkin Anda harus mempelajari 3 bahasa pemrograman yang sudah saya ringkas dibawah.

Sebenarnya, Anda tak perlu ragu berkarir menjadi programmer IT ! Bahkan saya berani katakan bahwa Anda bisa jadi programmer yang sukses tanpa kuliah ! Yang terpenting, pelajarilah bahasa pemrograman yang benar-benar dicari perusahaan, dan fokus pada pengembangan aplikasinya !

Perkembangan Begitu Cepat
Dalam tahun 2018 ini, teknologi software, aplikasi, sistem sudah sangat maju. Semakin hari, semakin bermunculan ide-ide startup yang hebat seperti di bidang kesehatan, transportasi, ekonomi, dan lain-lain.

Ditambah lagi, saat ini sedang ada "Gerakan Nasional 1000 Startup Digital" yang diinisiasi oleh KIBAR serta didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Gerakan ini bertujuan membangkitkan kembali 1000 startup Indonesia hingga tahun 2020.

Perkembangan yang sangat cepat tersebut membuat persaingan semakin ketat. Sehingga saat kita mulai belajar bahasa pemrograman, kita perlu memilah bahasaa pemrograman mana yang benar-benar cocok untuk saat ini. Namun bukan berarti pada saat Anda mempelajari bahasa pemrograman lain, maka Anda tidak akan sukses. Yang jelas jika kita menggunakan bahasa pemrograman yang masih belum banyak penggunanya, maka saya tidak berani menjamin Anda akan mendapat karir yang baik sebagai programmer.

Nah, mari kita lihat kebelakang di tahun 2017, kita bisa lihat di berbagai survey berikut ini tentang popularitas bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di seluruh dunia. (sumber : stackify.com)

Tiobe Index 

Statistik Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer
Statistik Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer
Terlihat bahwa bahasa pemrograman Java adalah bahasa pemrograman paling populer di tahun 2017.

Indeed Job Opening 
Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Dicari
Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Dicari
Terlihat bahwa bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang paling banyak dicari perusahaan.

Github 
Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Dicari
Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Dicari
Terlihat juga, bahasa pemrograman javascript termasuk bahasa pemrograman yang paling banyak dicari perusahaan.

Berikut statistik yang saya ambil dari paysa.com, yang menunjukan bahasa pemrograman yang paling dicari dan dibutuhkan beserta gajinya.
Statistik Persentase Bahasa Pemrograman Paling Dicari & Gajinya
Statistik Persentase Bahasa Pemrograman Paling Dicari & Gajinya


Nah dari survey2 dan hasil statistik tersebut beserta penelitian saya sendiri, kesimpulannya adalah bahasa pemrograman yang paling dibutuhkan pada tahun 2018 ini adalah sebagai berikut :

Berikut 3 Bahasa Pemrograman Yang Paling Dibutuhkan Di Tahun 2018

1. Java, "Write once, run anywhere"

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
Logo Java

Java adalah bahasa pemrograman yang memang sedikit unik. Apa sih uniknya java? Ya karena java memiliki moto "Tulis sekali, jalankan dimana saja" yang artinya saat kita membuat program dengan java, maka program kita bisa berjalan di berbagai platform. Nah itulah yang membuat saya menyarankan Anda untuk tetap belajar java pada tahun 2018 ini.

Tak heran bahasa pemrograman java ini termasuk bahasa pemrograman yang paling dibutuhkan pada tahun 2018 ini. Walaupun java ini sudah lama sekali, namun hingga tahun 2018, bahasa java tetap terus dicari perusahaan besar. Java memang bisa dibilang bahasa terbaik untuk membuat program di berbagai platform karena sifatnya yang multiplatform.

Kelebihan bahasa pemrograman java : 

1. Multiplatform
2. Java sangat mendukung usability
3. Java bersifat OOP langsung
4. Mudah dikembangkan dan bersifat dinamis
5. Banyak sekali programmer java sehingga memudahkan kita untuk memecahkan masalah pemrograman

Perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan pemrograman java : 

- Google
- Youtube
- Facebook
- Yahoo
- Amazon
- Twitter
- Ebay
- Linkedin


2. Visual C#

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
Bahasa Pemrograman C#

Ada yang belum tau apa itu visual c# ? Visual c# adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek dimana bahasa ini menggunakan kaidah bahasa C. Memang bahasa C# ini sedikit sulit dipelajari. Tapi justru itulah peluang besar bagi Anda ! Selain itu bahasa C# juga termasuk sebagai bahasa pemrograman yang cukup banyak dicari perusahaan !

Di tahun 2018 ini, kita tahu walaupun pengguna mobile semakin meningkat, namun pengguna komputer/laptop tidak bisa diambil alih. Justru itulah yang menjadi kesempatan kamu untuk dapat membuat software pada platform desktop. Maka dari itu, pemrograman C# ini sangat diperlukan.

Jadi, belajar C# adalah peluang besar bagi para programmer tahun 2018 ini. Bahkan bahasa pemrograman C# sebenarnya tidak hanya untuk desktop loh, tapi juga untuk android pun bisa ! Bahkan untuk web development juga bisa ! Tapi lain kali akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan pemrograman C# : 

- Bing
- MSN.com
- Microsoft

3. Javascript

3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018
Logo Javascript

Mengapa javascript begitu populer ? Ya karena dengan javsacript, kita bisa membuat website tampil lebih menarik lagi. Perkembangan website pun saat ini juga cukup pesat, sehingga tampilan website saat ini sudah sangat modern dan sangat responsive. Bahkan sudah banyak game-game yang bermunculan yang dapat dimainkan langsung di website.

Hal tersebut sangatlah keren ! Tapi, dibalik semua itu, javascript memiliki peranan penting, sehingga dibalik semua animasi, desain, interaksi, semua itu dibuat sebagian besar oleh javascript.

Dilansir dari crosstechno.com, bahwa 75% pengguna menilai bisnis seseorang dari desain websitenya. Jadi kalau desain websitenya tidak karuan, ya orang pasti akan menilai bisnis tersebut juga tidak karuan. Betul ? Saya sendiri pun juga demikian. Mungkin Anda juga sama.

Maka dari itu, tak heran banyak sekali perusahaan yang membutuhkan programmer javascript ! Javascript sangatlah berperan penting dalam pembuatan desain web menjadi lebih interaktif dan menarik. Maka dari itu yuk pelajari javascript mulai dari sekarang. Tapi jangan lupa juga, kamu juga wajib belajar HTML & CSS, karena semua itu berkaitan !

Perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan pemrograman C# : 

- Yahoo
- Ebay
- Linkedin
- Wordpress

Kesimpulan, dan cerita sedikit...

Kesimpulannya, dari 3 bahasa pemrograman diatas, saya yakin bahwa 3 bahasa programan tersebut masih sangat diperlukan untuk tahun ini ! Namun sejago-jagonya Anda belajar bahasa pemrograman, kalau logika Anda masih kurang, sama saja cari pekerjaan susah, kuliah juga susah, belajarpun menjadi lebih susah.

Ada orang berkata "bahasa pemrograman hanyalah pengantar saja, namun algoritma dan logika itu yang menentukan keberhasilanmu".  Karena faktanya, programmer yang dicari perusahaan tidak hanya sebatas mampu untuk menguasai bahasa tersebut, namun juga menguasai logika berpikir dan alur algoritmanya. 

Jadi, jangan hanya mengandalkan kuliah, jangan bangga IPK yang tinggi, karena pekerjaan sesungguhnya jauh dan sangat jauh lebih sulit ! Maka dari itu mari kita belajar bukan hanya menghafal teori bahasa pemrograman tertentu, namun belajar berpikir logis dengan bahasa pemrograman yang kita pelajari!

Lalu apa sih untungnya belajar ngoding di tahun ini ? Yuk baca artikel 


Pengen Mendalami Tentang Pemrograman Android ? Yuk baca artikel




Sebagai penutup, silahkan Anda lihat video berikut :


Semoga apa yang saya bagikan ini berguna bagi masa depan Anda.

Apabila ilmu ini bermanfaat, Jangan lupa share ya... :)

Sumber Data :
Popular Programming Language 2018



Demikianlah Artikel 3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018

Sekianlah artikel 3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Bahasa Pemrograman Yang Paling DIBUTUHKAN TAHUN 2018 dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/01/3-bahasa-pemrograman-yang-paling.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done