Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya - Sijunjung Xcoder

Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya

Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lainnya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya
link : Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya

Baca juga


Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya


Keju merupakan salah satu makanan fermentasi yang memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Seperti kita lihat bahwasanya keju merupakan fermentasi dari susu, lalu mengapa warna dari keju yang tidak diberikan campuran apapun adalah kuning, tidak seperti warna dari bahan utamanya yaitu putih ??

Dalam ilmu sains warna dari keju yang berbeda dengan warna bahan utama pembuatannya dapat dijabarkan dan dijelaskan dengan masuk akal. Mengapa keju memiliki warna kuning ??

Penjelasan
Sejatinya warna dari susu yang dihasilkan dari hewan seperti sapi tidak sepenuhnya berwarna putih. Susu memiliki pigmen berwarna kekuningan atau oranye atau disebut pigmen beta karoten, pigmen berwarna kuning tersebut melekat pada komponen lemak dari susu, bukan pada komponen cair susu, itulah mengapa warna susu adalah putih.

Ketika proses fermentasi, komponen cair dari susu akan berkurang atau dihilangkan dan komponen lemak dari susu akan lebih tampak, Karna kandungan pigmen lemak lebih tinggi daripada komponen cair susu, akibatnya adalah kandungan beta karoten akan keluar yang menimbulkan warna kuning.

Kandungan beta karoten pada susu tersebut merupakan hasil dari pakan sapi, yakni rumput dan tanaman segar lainnya. Rumput-rumput dan sayuran atau tanaman segar lainnya itulah yang memberikan sumbangan beta karoten pada susu sapi.

Seperti itulah penjelasan dari pertanyaan mengapa warna dari keju tidak sama dengan warna bahan dasar pembuatnya yakni putih melainkan malah berwarna kuning.

*Picture adapted from trend.fajar.co.id
*Referensi adapted from sains.me



Demikianlah Artikel Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya

Sekianlah artikel Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengapa Keju Memiliki Warna Kuning ?? Inilah Alasannya dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/03/mengapa-keju-memiliki-warna-kuning.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done