Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core - Sijunjung Xcoder

Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core

Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hardware, Artikel Info, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core
link : Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core

Baca juga


Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core


Istilah processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core adalah istilah yang sering dipakai saat kita belajar sistem operasi atau arsitektur organisasi komputer. Kebanyakan dari kita masih bingung apa sih bedanya dari kelima istilah tersebut ? Nah kali ini saya akan mengumpas tuntas perbedaan antara processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan core. Jadi baca sampai selesai agar Anda benar-benar paham.

Memahami Definisi Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core

Definisi Processor

Processor adalah sirkuit elektronik yang melakukan operasi terhadap sumber data seperti memori atau data stream lainnya.

Definisi CPU

CPU adalah sirkuit elektronik yang mampu menjalankan instruksi dari program computer dengan cara melakukan operasi aritmatika, logika, control, dan input/output(I/O).

Definisi GPU

GPU adalah sirkuit elektronik yang mampu memanipulasi dan mengubah memory untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer atau output device.

Definisi Microprocessor

Microprocessor adalah komputer processor yang menggabungkan fungsi CPU pada satu sirkuit yang terintegrasi (integrated circuits).

Definisi Core

Core adalah unit proses dimana core ini akan membaca perintah tertentu dan menjalankannya.

Perbedaan & Gambaran processor, CPU, GPU, microprocessor, dan core

Kita mulai dari processor dulu. Seperti pada definisi diatas, processor itu adalah sirkuit elektronik. Nah didalam processor terdapat CPU dan GPU. CPU berguna untuk melakukan perintah sedangkan GPU untuk memanipulasi dan mengubah memory agar grafik yang ditampilkan lebih cepat dan bagus. Nah, didalam CPU terdapat chip sirkuit yang berisi core, input dan output management unit, dan komponen dasar lainnya. Jadi core itu terdapat didalam CPU. 1 Core dapat menjalankan 1 thread atau proses.

Microprocessor adalah processor yang ukurannya seperti chip dan microprocessor ini berguna untuk menangkap dan menyimpan data lalu memprosesnya menjadi output. Jadi Microprocessor adalah bentuk akhir dari processor. Jadi intinya, saat ini processor yang terbaru itu bisa dibilang microprocessor (processor = microprocessor). 

Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar berikut

Jadi bisa dilihat pada gambar diatas, didalam motherboard terdapat microprocessor. Ingat, microprocessor adalah bentuk akhir dari processor, jadi anggap saja sama. Lalu didalam processor ada CPU dan GPU. Dan didalam CPU terdapat yang namanya core.

Fungsi Dari Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core

Fungsi Processor

Processor berfungsi untuk memproses data dan mengeksekusi perintah.

Fungsi CPU

CPU berfungsi untuk mengambil setiap instruksi yang ada di memory, mendecode semua program menjadi bahasa assembly lalu mengubahnya lagi menjadi binary (binary adalah satu-satunya simbol yang dikenali oleh CPU), menjalankan intruksi (3 intruksi yang bisa dijalankan yaitu ALU, memindahkan data ke memory lain, atau pergi ke alamat lain), Menaruh data kedalam memory.

Fungsi GPU

Fungsi utama dari GPU adalah untuk merender grafik 3D yang sebenarnya terdiri dari poligon-poligon.

Fungsi Microprocessor

Microprocessor berfungsi sama dengan processor yaitu untuk memproses data serta mengeksekusi perintah.

Fungsi Core

Core berfungsi untuk menerima instruksi dan melakukan perintah yang diambil dari memory.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Processor_(computing)
https://en.wikipedia.org/wiki/Central_processing_unit
https://en.wikipedia.org/wiki/Graphics_processing_unit
https://en.wikipedia.org/wiki/Microprocessor
https://www.makeuseof.com/tag/processor-core-makeuseof-explains-2/
https://stackoverflow.com/questions/20650096/what-is-the-difference-between-processor-cpu-and-microprocessor
https://www.differencebtw.com/difference-between-processor-and-microprocessor/
https://turbofuture.com/computers/What-are-the-basic-functions-of-a-CPU



Demikianlah Artikel Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core

Sekianlah artikel Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perbedaan Processor, CPU, GPU, Microprocessor, dan Core dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/08/perbedaan-processor-cpu-gpu.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done