Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer - Sijunjung Xcoder

Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jaringan, Artikel Materi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer
link : Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer

Baca juga


Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer


Antena dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu omnidirectional dan directional Antena.
  • Omnidirectional adalah antena sebagai pemancar yang memiliki polarisasi atau arah pancaran ke segala arah atau bisa dibilang 360 derajat.
  • Antena Directional adalah antena pengarah yang bisa sebagai pemancar maupun sebagai penerima dengan polarisasi ke arah tertentu atau satu arah saja.




Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer


1. Antena Omni
Antena Omni lebih banyak digunakan sebagai mode ap karena jangkauannya yang luas, memiliki gain 3-13 dBi. Antena ini adalah antena yang paling sering digunakan sebagai hotspot atau RT RW Net yang memiliki frekuensi 2,4 dan 5,8 Ghz. Berikut karakteristik antena omni :
·         Antena ini berbentuk seperti tongkat
·         Polarisasi atau arah pancaran ke segalah arah atau 360 derajat
·         Coverage area luas tetapi jangkauan yang pendek
·         Termasuk tipe jaringan PTMP atau Point To Multi Point


2. Antena Sectoral
Antena sectoral hampir mirip dengan antena omni perbedaan yang paling mencolok yakni arah pancarannya, antena omni bisa sampai 360 derajat sedangkan antena ini hanya bisa mencapai setengahnya yakni 180 derajat. Antena sectoral memilik gain antara 10-19 dBi, dan berikut karakteristiknya :
·         Berbentuk seperti tabung
·         Polarisasi kearah tertentu yakni 45-180 derajat
·         Termasuk tipe jaringan PTP maupun PTMP


3. Antena Grid
Antena ini banyak digunakan sebagai client jarak jauh yang menggunakan topologi PTP atau Point to Point yang dimana pemancar dan penerima sama-sama menggunakan antena grid. Frekuensi antena grid adalah 2,4 Ghz dan juga 5,8 Ghz, yang memiliki gain hingga 27 dBi. Untuk komponennya terdiri atas reflextor, pole, dan jumper. berikut karakteristik antena grid :
·         Antena ini berbentuk seperti jaring
·         Polarisasi ke arah tertentu atau satu arah
·         Biasanya terdapat pasangan berupa antena yang sama, satu sebagai pemancar dan satu lagi sebagai penerima
·         Termasuk tipe jaringan PTP atau Point To Point


4. Antena Yagi
Antena yagi terdiri atas driven (titik catu dari kabel), reflektor (pemantul), dan director (pengarah), memiliki gain hingga 16 dBi. Antena yagi lebih cocok sebagai mode client yang diarahkan ke pemancar seperti ke antena omni, sectoral, dll. antena ini juga memiliki frekuensi 2,4 dan 5,8 Ghz, berikut karakteristik yang dimiliki :
·         Antena ini berbentuk seperti tulang ikan
·         Polarisasi ke arah tertentu atau satu arah
·         Termasuk tipe jaringan PTP


5. Antena Parabolik (Solid Disc)
Antena ini hampir sama dengan antena grid hanya saja jangkauan lebih fokus. 18-28 dBi. Tentu dalam urusun jarak jangkauan antena ini lebih unggul ketimbang antena grid. Antena ini biasa diaplikasikan untuk tipe jaringan point to point jarak jauh.




Demikianlah Artikel Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer

Sekianlah artikel Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Komputer dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/11/jenis-jenis-antena-dalam-jaringan.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done