Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO - Sijunjung Xcoder

Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO

Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel CISCO, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO
link : Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO

Baca juga


Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO


Pada blog sebelumnya setelah saya membahas Sejarah Cisco dan sesuai materi yang saya tuliskan kemarin, langsung saja kita bahas materinya :

Pengertian Cisco

Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang dituju. Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuannya dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan sangat tepat. Untuk itu, Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) seperti yang digunakan di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Seperti komputer, cisco router juga mempunyai sejumlah jenis memori yaitu ROM, RAM, NVRAM dan FLASH, yang berguna untuk membantu kerjanya CPU. Selain itu dilengkapi pula dengan sejumlah interface untuk berhubungan dengan dunia luar dan keluar masuk(uotput-input data) data. Sistem operasi yang digunakan oleh cisco router adalah Internetwork Operating System (IOS).

Memori yang digunakan oleh cisco router masing-masing mempunyai kegunaan sendiri- sendiri sebagai berikut :

1. ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS image.

2. RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan dan sistem operasi IOS yang aktif.

3. NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal (start-up configuration).

4. FLASH berguna untuk menyimpan IOS image. Dengan menggunakan FLASH, IOS versi baru dapat diperoleh dari TFTP server tanpa harus mengganti komponen dalam router.

Kegunaan

Cisco Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches.Packet Tracer memungkinkan siswa untuk merancang kompleks dan besar jaringan, yang sering tidak layak dengan hardware fisik, karena biaya. Packet Tracer biasanya digunakan oleh siswa CCNA Academy, karena tersedia untuk mereka secara gratis. Menurut pengalaman admin, admin biasanya make Cisco Packet Tracer 6.2 karna itu bisa dipake tanpa login dan juga emang karena udah kebiasaan.

Fungsi

Fungsi Cisco sendiri adalah kita membuat simulasi untuk belajar membuat topologi jaringan luas atau Wide Area Network (WAN) dikarenakan jikalau kita membuat atau merancang jaringan WAN dengan peralatan dan bahannya secara langsung akan membutuhkan biaya yang lumayan dan karna itulah Cisco dibuat agar kita bisa belajar Simulasi terlebih dahulu.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi agan semua dan jika ada salah atau kekurangan sesuatu bisa ditulis dikolom komentar, Terima Kasih.



Demikianlah Artikel Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO

Sekianlah artikel Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian, kegunaan & fungsi CISCO dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2019/01/pengertian-kegunaan-fungsi-cisco.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done