Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging). - Sijunjung Xcoder

Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging).

Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging). - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging)., kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ngeblog, Artikel Tips dan Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging).
link : Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging).

Baca juga


Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging).

Di artikel kali ini kita akan membahas cara membuat blog termudah dan terupdate 2017. Untuk membuat blog tidaklah terlalu sulit, dalam waktu 5 menit saja anda sudah bisa selesai membuat blog.

Syarat utama untuk membuat blog adalah anda harus mempunyai akun Google, bagi anda yang merupakan pengguna android mungkin syarat ini tidaklah penting, karena saat anda membeli smartphone android tersebut, anda akan dibuatkan akun Google oleh pemilik toko tempat anda membeli smartphone tersebut, dan anda harus mengingat email dan kata sandi nya.

Jika pemilik toko penjual smartphone tersebut tidak membuatkan anda akun Google, anda dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti tutorial-tutorial yang tersedia sangat banyak di Google.

Sebelum memulainya kita akan membahas secara singkat, padat, dan jelas tentang pengertian blog, sejarah blog, fungsi blog, dan jenis-jenis blog. Mengapa kita membahasnya...?. "Agar anda dapat mendalami apa itu blog".

Berikut pembahasan nya.


1.Pengertian Blog

Blog adalah singkatan dari Web Log yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berisikan sekumpulan besar tulisan-tulisan (dalam kata lain: artikel atau postingan) yang dimuat/ditaruh pada sebuah halaman web.

2.Sejarah Blog

Blog (Web Log) pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang pemiliknya adalah "Pyra Labs" sebelum akhirnya diangkat/direkrut oleh Google pada akhir tahun 2002. Blog menjadi salah satu yang termasuk aplikasi web yang paling populer di kalangan masyarakat.

3.Fungsi Blog

Blog dapat dijadikan menjadi 1000 fungsi oleh masyarakat, hal tersebut dapat terjadi karena kebergunaan blog yang strategis dalam mencakup sebagian besar aktivitas/keseharian/yang terjadi pada seseorang.

Secara umum, jika ditanyakan kepada 100 orang, "apakah fungsi dari blog/ngeblog..?. Pasti 90% jawaban adalah untuk mencari uang .
Jawaban tersebutlah yang menjadi fungsi utama blog. Memang jawaban tersebut tidak dapat dipungkiri atau pun dipersalahkan, karena dizaman sekarang uang merupakan kebutuhan primer(yang paling diperlukan).

Selain fungsi yang utama tersebut, blog juga dapat berfungsi sebagai Tempat berbagi dan mendapatkan informasi, sebagai catatan harian, sebagai tempat untuk mempopulerkan suatu hal, dan lain sebagainya.

4.Jenis-Jenis Blog

Blog memiliki banyak jenis yaitu sebagai berikut :
  • Blog Pribadi yaitu blog yang berisikan tentang pengalaman pribadi seseorang atau buku harian seseorang.
  • Blog Politik yaitu blog yang berisi berita, politik, aktivis dan kampanye.
  • Blog Bertopik yaitu blog yang membahas tentang sesuatu dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog Kesehatan yaitu blog yang lebih membahas tentang kesehatan, berita-berita kesehatan terbaru, dan keterangan tentang kesehatan.
  • Blog Perjalanan yaitu blog yang membahas tentang keterangan-keterangan dalam tentang perjalanan/traveling.
  • Blog Pendidikan yaitu blog yang membahas tentang kumpulan pelajaran, biasanya blog ini ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog Bisnis yaitu blog yang  penggunaannya digunakan sebagai promosi ataupun bisnis.

Itulah beberapa jenis-jenis blog, ada banyak lagi jenis-jenis blog yang dapat anda jadikan panduan dalam mendalami kegiatan blogging, anda dapat mencarinya di Google.


Langkah-Langkah dalam Membuat Blog :

Seperti syarat utama yang telah disampaikan diatas, anda harus sudah mempunyai akun Google.
  1. Langkah pertama yang sudah pasti yaitu buka aplikasi browser anda, kemudian cari di mesin pencari "Blogger.com".

  2. Setelah halaman web blogger terbuka, kemudian anda klik "create your blog".

  3. Maka anda akan dibawa untuk masuk ke akun Google anda. Isikan alamat email/telepon anda kemudian klik "berikutnya".

  4. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun Google anda. Isi kata sandi akun Google anda kemudian klik "berikutnya".

  5. Kemudian anda akan masuk ke halaman web "blogger.com". Selanjutnya klik "Lanjutkan ke blogger" yang terletak dibagian bawah halaman tersebut.

  6. Kemudian klik "buat blog baru" dibagian bawah tengah halaman.

  7. Kemudian isi judul blog anda (yang akan menjadi nama blog anda) terserah anda apapun bisa,disini saya kasih contoh: "CristBlog" (tanpa tanda kutip). Kemudian isi alamat blog anda, alamat ini katakan saja sebagai link atau url dari blog anda, disini saya kasih contoh: "cymkuli.blogspot.com" (tanpa tanda kutip). Anda diharuskan untuk mencantumkan subdomain .blogspot , karena blog ini adalah gratis yang disediakan oleh pihak blogger/blogspot, anda tidak membayar sepeser pun untuk membuat blog ini. Isi alamat blog anda tersebut sampai ada tulisan "Alamat Blog Ini Tersedia" disampingnya dan terdapat tanda ceklis. Untuk Tema anda bisa memilih apa saja terserah,tapi saran saya sebaiknya anda memilih yang sederhana saja agar lebih mudah dimengerti. Kemudian anda klik "Buat Blog" dibagian bawah sebelah kanan laman jendela tersebut.

  8. Nah, sampai disini anda sudah berhasil membuat sebuah blog, tahap selanjutnya adalah untuk mengembangkannya yaitu: menulis artikel, menshare blog anda, dan lainnya sehingga blog anda menjadi besar atau berperingkat. Untuk melihat blog anda, anda tinggal klik "Lihat blog" dibawah tulisan Blogging disebelah kiri atas.

Bagaimana?.., mudah bukan?.., hanya dalam 8 langkah saja anda telah dapat membuat blog, jika dihitung-hitung untuk membuat sebuah blog hanya diperlukan waktu sekitar 5 menit.

Dan bagian yang sulitnya adalah untuk membuat blog tersebut menjadi besar dan banyak pengunjungnya, dan mendapatkan penghasilan 😀.


Trima Kasih telah membaca artikel ini.



Demikianlah Artikel Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging).

Sekianlah artikel Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging). kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Blog Termudah dan Update (Blogging). dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2017/06/cara-membuat-blog-termudah-dan-update.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done