Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi - Sijunjung Xcoder

Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi

Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PUBG, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi
link : Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi

Baca juga


Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi



Dunia game pada komputer personal sudah semakin berkembang. seperti halnya game PUBG (Playerunknown's Battleground) yang membutuhkan PC dengan spek yang bagus agar bermain dengan garfik yang tinggi tidak terkendala.

Bukan hanya itu tapi juga live recording game dan live streaming tentu perlu komputer dengan spesifikasi tinggi. Dengan begitu pengalaman bermain game menjadi lebih seru dan menyenangkan.
Jika kalian bermain game pada PC yang tidak memiliki spesifikasi memadai, kemungkinan kinerja game menjadi terhambat sehingga akan mengganggu kenyamanan. Gomen akan memberikan rekomendasi mengenai spesifikasi gaming gear alias PC gaming standar di tahun 2018 untuk bermain game PUBG.


CPU/Processor 


Pertama, untuk memainkan game-game PC PUBG setidaknya menggunakan komputer yang memiliki CPU/Processor quad coreProcessor dengan 4 core saat ini sudah sangat cukup untuk mendukung kinerja game PC modern sehingga dapat menghasilkan gameplayyang nyaman. Apalagi dengan adanya Windows 10 dan DirectX 12 membuat CPU 4 coresemakin dioptimalkan.

Processor quad core juga cukup baik untuk aktifitas multitasking multimedia seperti seperti bermain game sembari live recordinglive streamingvideo conference, dll. Aktifitas semacam ini tentu sangat memanfaatkan resource CPU 4 core atau lebih. Jika perlu, kalian bisa menggunakan processor quad core yang memiliki teknologi multithreading atau hyperthreading sehingga bisa menangani banyak proses.


Yang perlu diperhatikan, CPU atau processor yang digunakan minimal diproduksi 3 tahun/generasi ke belakang. Sebab, jika menggunakan processor generasi lawas tentu kinerjanya jauh ketinggalan ketimbang processor generasi terbaru. Lagipula, processor 3 generasi ke belakang masih dijumpai di pasaran sehingga kalian masih dapat membelinya. Processor generasi lawas pasti sudah tidak diproduksi lagi sehingga di pasaran hanya ada produk bekas. Contoh processor yang sesuai dengan spesifikasi PC gaming untuk PUBG ini diantaranya

  • Seri Intel Core (Haswell)
    • Core i5-4460, -4590, -4690, dll
    • Core i7*-4770, -4790, dll
  • Seri AMD Athlon X4 (Kaveri), misal Athlon X4 840, 860K, dll
  • Seri AMD FX (Vishera), misal FX-6300, -8310, -8320E, -8370, dll
  • Seri AMD Ryzen 3 dan Ryzen 5
*) Intel Core i7 Haswell memiliki 4 core, namun dengan teknologi Hyper Threading dapat mengeksekusi 8 threads.

Kartu grafis dengan GPU yang sudah mendukung DirectX 12

Agar mendapatkan tampilan game yang enak dipandang, kalian membutuhkan kartu grafis yang memiliki kinerja GPU (Graphic Processing Unit) memadai. VGA Card berkinerja optimal sangat diperlukan untuk menjalankan game-game PC modern. Saat ini kebanyakan gamePC modern lebih fokus pada efek tampilan grafis sehingga sangat membebani kinerja perangkat grafis.



Pada rekomendasi spesifikasi PC  kali ini setidaknya membutuhkan VGA Card yang telah mendukung DirectX 12. Hal ini dikarenakan game-game PC modern sudah mulai menggunakan platform tersebut. Namun, banyak juga ditemui game PC modern yang masih menggunakan platform DirectX 11. Selain itu, kartu grafis yang kalian gunakan minimal punya VRAM sebesar 2GB agar mampu menangani resolusi tampilan yang cukup tinggi.

Sama seperti processor, VGA Card yang dipakai setidaknya dengan GPU 3 tahun/generasi kebelakang. Alasannya kinerjanya masih tergolong memadai dan masih dapat ditemui di pasaran. Beberapa contoh GPU yang sesuai dengan spesifikasi PC gaming 2018 kali ini diantaranya
  • AMD Radeon seri 200, misal R7 265, R9 270
  • NVIDIA Geforce
    • Seri GTX 600, misal GTX 650 Ti, 660, 660 Ti, dll
    • Seri GTX 700, misal GTX 750 Ti, 760, 770, dll



Dalam rekomendasi spesifikasi ini, saya tidak menyarankan penggunaan IGP (Integrated Graphic Processing) atau processor grafik terintegrasi untuk memainkan gamePC modern. IGP umumnya terintegrasi dalam chip processor. IGP harus menggunakan VRAM dengan cara berbagi (shared) dengan memori utama (RAM) sebesar maksimal 2GB. Meski begitu, bukan tidak mungkin IGP modern juga memiliki spesifikasi dan kinerja yang tidak kalah bagus dari GPU kelas low-end.
Memori RAM 8GB DDR4

Selanjutnya untuk menunjang kinerja game yang optimal, spesifikasi PC gaming kali ini merekomendasikan penggunaan memori RAM dengan kapasitas minimal 8GB. Kapasitas tersebut rasanya sudah cukup muat untuk menangani data game-game PC modern yang tergolong cukup besar.

Jenis memori RAM yang disarankan pada spesifikasi kali ini setidaknya DDR4. Teknologi DDR4 ini memang masih relatif baru, namun produknya sudah cukup banyak di pasaran. Tekno Jempol menyarankan penggunaan DDR4 karena menawarkan kinerja komputer dan efisiensi yang lebih baik ketimbang teknologi sebelumnya (DDR3). Namun jika processoryang kalian gunakan belum mendukung DDR4, silahkan gunakan memori RAM DDR3.


Gunakan SSD!
Untuk kebutuhan penyimpanan data, saya menyarankan penggunaan SSD (Solid State Drive). Salah satu kelebihan SSD yaitu kecepatan akses data yang jauh lebih kencang daripada hard disk. Kecepatan akses data pada SSD tentu berpengaruh pada kinerja PC gaming diantaranya mempercepat proses booting dan loading data game.

Hanya saja, harga SSD masih terasa agak mahal ketimbang hard disk biasa. Pada kapasitas yang sama, harga SSD bisa mencapai 3 kali lipat harga hard disk. Untuk itu, mungkin kalian bisa menggunakan SSD berkapasitas sedang seperti 120-250GB. Saat ini, ada tiga model SSD yaitu SATA 2.5", PCI Express Card, dan M.2 NVME. SSD dengan model SATA 2.5" rasanya bisa jadi pilihan karena harganya lebih terjangkau.



Sistem operasi Windows 10 64-bit
Jika melihat spesifikasi di atas, maka sistem operasi yang cocok untuk menjalankan PC gaming standar 2018 adalah sistem operasi Windows 10 64-bit. OS 64-bit akan berjalan optimal pada processor dan kartu grafis modern serta memori RAM 4GB atau lebih. Selain itu, platform DirectX 12 eksklusif hanya tersedia pada Windows 10. Meski begitu, masih banyak game PC modern yang menggunakan platform DirectX 11 sehingga dapat dijalankan pada Windows generasi lama seperti Windows 7 SP1, Windows 8, atau Windows 8.1

Perangkat lainnya
  • Monitor HD atau Full HD setidaknya dengan resolusi 1920 x 1080 untuk mendapatkan tampilan game yang nyaman.
  • DVD-ROM untuk media instalasi sistem operasi, driver, atau aplikasi game
  • Koneksi internet baik via LAN atau Wifi. Disarankan menggunakan koneksi internet kecepatan tinggi agar lebih mengoptimalkan gameplay khususnya pada game online.
  • Perangkat audio standar
  • Keyboard dan mouse standar, tapi akan lebih baik jika menggunakan keyboardmekanik dan mouse gaming.
  • Motherboardcase, dan PSU (Power Supply Unit) tinggal menyesuaikan komponen di atas atau platform yang digunakan.
Jika disimpulkan, spesifikasi PC  adalah
  • CPU 4 core (disarankan rilis 3 generasi kebelakang)
  • VGA Card yang mendukung DirectX 12 (disarankan rilis 3 generasi kebelakang)
  • Memori 8 GB DDR4
  • SSD berkapasitas 120-250 GB
  • Monitor HD atau Full HD dengan resolusi 1920 x 1080
  • Sistem operasi Windows 10 64-bit


Spesifikasi PC di atas tidak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan gaming saja, tapi juga untuk kebutuhan mainstream (office, browsing, dan media center) serta workstation seperti graphic design, video production, dan content creation. Komputer gaming dengan spesifikasi di atas dipastikan dapat menjalankan berbagai game modern termasuk e-sport dengan resolusi low-to-medium end bahkan mungkin hingga high-end.

Penjelasan di atas bisa menjadi panduan dan rekomendasi bagi kalian yang ingin bermain gamePC PUBG. Silahkan sesuaikan spesifikasi PC gaming di atas dengan budget dan kebutuhan yang akan kalian gunakan. 
Sekian dan semoga bermanfaat...



Demikianlah Artikel Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi

Sekianlah artikel Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Spek PC yang Dibutuhkan agar Dapat Bermain PUBG dengan grafik tinggi dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/01/spek-pc-yang-dibutuhkan-agar-dapat.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done