Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version) - Sijunjung Xcoder

Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version)

Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version) - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pelajaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version)
link : Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version)

Baca juga


Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version)


Ketika anda membuka aplikasi microsoft powerpoint yang ada di perangkat kamu baik itu powerpoint versi 2007 atau versi diatasnya, umumnya akan menampilkan tool-tool yang kurang lebih sama saja tanpa adanya perbedaan yang signifikan, hal itu bertujuan agar pada setiap pembaruan pengguna tidak selalu kebingungan karena perubahan yang ada tidak memberikan perubahan yang signifikan pada tools nya.

Bagi kamu yang sekarang duduk dikelas XII Semester ke 2, powerpoint ini adalah bab pertama yang akan kamu pelajari di semester genap ini. Beberapa pokok ajaran yang harus kamu kuasai adalah mengenal cara penggunaan microsoft dan mengenal bagian-bagian dan tools dari microsoft powerpoint.

Bagi kamu yang masih pemula tentunya kamu juga harus mengetahui dasar-dasar dari powerpoint ini agar dalam penggunaan nanti kita tidak dalam keadaan bingung.

Berikut ini adalah penjelasan beserta gambar dari beberapa fitur-fitur umum yang ditampilkan program Microsoft PowerPoint semua versi.

1. Office Button

Fitur ini merupakan fitur yang terletak di ujung atas sebelah kiri. Fitur ini berisi menu-menu pokok dari poserpoint, saat ikon tersebut di klik nantinya akan muncul sub-sub menu yang berkaitan dengan pengolahan dokumentasi presentasi, seperti :

  • membuat slide presentasi baru (New)
  • membuka dokumen presentasi (Open)
  • menyimpan dokumen presentasi (Save)
  • menyimpan dokumen presentasi sebagai file baru (Save As)
  • mencetak dokumen presentasi (Print)
  • mengirim dokumen presentasi (Send)
  • melakukan publish dokumen presentasi (Publish)
  • dan keluar dari program (Close)
Catatan : dibeberapa versi terbaru microsoft powerpoint logo windows ini sudah digantikan menjadi tab yang bernama file, jadi jangan bingung nantinya apabila logo windows tidak ada pada versi powerpoint yang baru seperti 2010 dan diatasnya.

2. Quick Access Toolbar

Fitur ini terletak disebelah ikon office button diatas sebelah kiri layar. Fungsi dari Quic Access Toolbar ini adalah sebagai fitur yang memberikan tool-tool yang sering digunakan yang diwakili dengan ikon gambar yakni :
  • Menyimpan (Save)
  • Kembali kebelakang (Undo)
  • Kembali kedepan (Rudo)
  • Menggandakan (Repeat Typing)
3. Tittle Bar

Fitur ini merupakan fitur yang menampilkan judul dari presentasi yang kita buat, letaknya berada di tengah-tengah paling atas. Fitur ini berguna agar kita tidak lupa mengenai apa presentasi yang telah kita buka itu.

4. Clipboard

Clipboard biasanya digunakan untuk menampun sementara file-file hasil kopian, hasil pemotonan dan format painter. Selain dari itu submenu yang disediakan clipboard ini digunakan untuk menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan. Clipboard ini berada pada tab "Menu"

5. Tab Menu Bar

Fitur ini berisi kumpulan menu yang mewakili perintah-perintah didalam presentasi. tab menu ini terdiri dari
  • Home
  • Insert
  • Design
  • Animations
  • Slide Show
  • Review
  • View
6. Toolbox

Fitur ini berada diatas paling ujung sebelah kanan, fitur ini berisi kumpulan tombol yang mengatur tampilan jendela dari pada powerpoint. Tombol-tombol yang ada yakni
  • Minimize : berfungsi untuk memperkecil jendela powerpoint sehingga membentuk ikon aktif pada taskbar
  • Restore : berfungsi untuk mengembalikan jendela powerpoint ke posisi dan ukuran semula, tombol ini apabila powerpoint dalam keadaan full desktop maka namanya adalah tombol restore namun apabila diklik nanti layar powerpoint akan menjadi lebih kecil dan tombol berubah menjadi Maximize.
  • Close : tombol bergambar silang berwarna merah ini tentunya memiliki fungsi untuk menutup powerpoint.
7. Layout Slide/Area Outline


Fitur layout slide adalah fitur yang menampilkan vesi kecilnya dari slide-slide yang telah kita buat, sedangkan disebelahnya yakni outline berfungsi untuk menampilkan slide yang bersikian judul dan materi

8. Toolbox View

Fitur ini berguna untuk melihat format dari tampilan slide dalam layar yang terdiri dari normal, slide forter dan slide show. Fitur ini terletak pada bagian bawah sebelah kanan aplikasi powerpoint.

9. Toolbar Drawing

Fitur ini terletak pada tab "Menu" dan berguna untuk melakukan penggambaran sederhana dalam program microsoft powerpoint seperti menggambar persegi, persegi panjang, lingkaran, oval dan bentuk-bentuk lainnya yang berguna untuk menunjang presentasi nantinya.

10. Area Slide

Bagian ini merupakan bagian lembar kerja dalam microsoft powerpoint yakni tempat dimana kamu mengolah slide presentasi kamu dengan kreasi dan kreatifitas yang kamu punya.

11. Area Catatan / Status bar

Fitur ini terletak persis dibawah area slide atau lembar kerja powerpoint, dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk mempermudah dan membantu kita dalam penyajian materi dalam presentasi nantinya.

12. Zoom

Fitur ini terletak pada bagian paling bawah sebelah kanan layar power point, atau disebelah toolbox view, yang berfungsi untuk memberbesar dan memperkecil ukuran dari lembar kerja powerpoint yang dapat kita sesuaikan sesuai dengan keinginan.

Itulah fitur-fitur yang ada didalam microsoft powerpoint yang harus kamu ketahui, karena fitur-fitur tersebut merupakan fitur yang paling umum dan sering digunakan ketika berhadapan dengan microsoft powerpoint.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam belajar program presentasi ini yang tentunya berguna dalam dunia kerja, dan semoga ilmu anda mengenai powerpoint juga akan semakin bertambah.



Demikianlah Artikel Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version)

Sekianlah artikel Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fitur-Fitur Umum Dalam Microsoft PowerPoint (All Version) dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/03/fitur-fitur-umum-dalam-microsoft.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done