Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends - Sijunjung Xcoder

Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends

Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Mobile Legends, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends
link : Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends

Baca juga


Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends

Istilah-Istilah Penting Dalam Mobile Legends – Pernahkah kalian berdiskusi atau sekedar ngobrol bersama teman-teman tentang mobile legends. Jika kalian pernah tentu dalam obrolan akan ada banyak bahasa yang belum kalian pahami seperti Double Kill, Tripel kill, Maniac, Savage bahkan ada bahasa yang lebih susah lagi dalam game mobile legends loh guys seperti klomang, lord, buff, minion, turet, serta masih banyak lagi Glossary yang mungkin belum kalian mengerti.

Nah kali ini kami akan mengulas tuntas tentang Glossary atau daftar kata-kata dalam game Mobile legends bang-bang dari A-Z.

A
Afk
Afk singkatan dari Away from keyboard, istilah ini digunakan untuk memanggil pemain yang tidak aktif dalam permainan dikarenakan berbagai alasan. Pada game Mobile Legends pemain yang afk bisa terkena hukuman jika diadukan ke sistem.

Airborne
Airborne merupakan gambaran dimana kondisi hero kalian terlempar ke udara dan tidak bisa dikendalikan selama beberapa saat. Contonhnya ketika kalian sedang berkumpul di lord dan melawanya maka lord akan mengeluarkan Airborne, biasanya lord sebelum mengeluarkan airborne akan melakukan gretakan terlebih dahulu dengan cara memukul tanah dan akan ada tanda merah bulat yang memiliki efek terbang keatas.

Aggro
Aggro merupakan kata beda dari agresif yang sering dipakai untuk menggambarkan sebuah kondisi dimana AI menagement hero. AI ini biasanya berupa lord, turtle, minion, monster dan turet.
Hal yang kalian harus lakukan untuk melepaskan diri dari aggro yaitu dengan menjauhkan diri dari jangkauan serang objek yang menyerang.

ADC
Attack Damage Carry merupakan istilah yang digunakan untuk menggolongkan beberapa hero yang memiliki kekuatan serangan tinggi dan hero tersebut bisa membawa team menuju kemenangan. Hero dengan Attack Damage carry biasanya memiliki ciri khas farm yang lebih dominan dari hero lainnya, hal ini dikarenakan Hero ADC biasanya butuh gold cepat untuk membeli item yang dibutuhkan.

Ability Effect
Ability Effect merupakan gambaran seberapa besar output damage yang dikeluarkan oleh skill seorang hero.

Armor
Armor digunakan untuk menghitung satuan pertahanan yang dihasilkan dari status hero, armor yang sering kita bicarakan di game mobile legends itu berasal dari skill hero dan item/gear yang dimiliki hero.

AoE
AoE merupakan singkatan dari Area od Effect yang digunakan untuk menggambarkan sebuah skill hero yang memiliki target lebih dari satu di sebuah area tertentu. Contohnya skill 3 odete dan valir itu dinamakan AoE alias Area of Effect.

Armor Penetration
Armor Penetration merupakan satuan yang digunakan untuk menghitung kemampuan sebuah serangan untuk menembus armor yang dimiliki hero musuh.

Assasin 
Assasin merupakan hero yang biasanya memiliki damage yang sangat besar akan tetapi assassin memiliki kelemahan  pada durability-nya yang sangat rendah, biasanya hero assassin mampu masuk dan keluar dari team fight dengan mudah. Contonya sepeti Lancelot, Gusion mereka bisa memasuki team fight dengan mudah dan keluar dengan mudah.

Attack Speed
Attack Speed merupakan satuan untuk menghitung kecepatan serangan normal hero pada game Mobile Legends, Attack Speed biasanya sangat diperlukan untuk hero marksman seperti layla, miya,irithel dan hero marksman lainnya.

Ace Player
Ace Player merupakan gambaran untuk pemain yang memiliki pengaruh tinggi di dalam team, Ace hero biasa kita sebut juga dengan Pemain kunci.

B
Bush/Brush
Rumput tinggi yang bisa kalian gunakan untuk bersembunyi di peta.

Burst
Output damage yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat. Contohnya skill tiga balmon itu merupakan burst damage.

Buff
Buff digambarkan dengan monster di hutan yang memiliki tambahan status jika kita membunuhnya, setiap buff di moba mempunyai status dan kegunaan yang berbeda-beda, akan tetapi buff di mobile legends berguna untuk coldown reduction dan mana reduction, jadi jika kalian membunuh buff pada game mobile legends kalian akan mendapatkan status coldown reduc dan mana reduct.

Bot
Bot merupakan kependekan dari Bottom Lane alias jalur yang berada di bagian bawah map/ peta di game moba.

Blind
Blind merupakan gambaran situasi buruk yang menyebabkan semua serangan hero menjadi miss alias tidak mengenai target, miss terjadi pada serangan ke target akan tetapi animasi serangan tetap berjalan semestinya.

Basic Attack
Basic Attack merupakan serangan dasar yang dimiliki oleh setiap hero, biasanya perhitungan serangan dasar ini berasal dari status Physical Attack Setiap masing masing hero.

Bait
Istilah bait itu digunakan untuk memancing hero agar musuh bergerak ke posisi yang kalian inginkan. Contohnya, ketika kalian membuat musuh mengejar kalian padahal kalian sudah merencanakan proxy atau team ganked pada musuh tersebut. Hero yang biasanya membait musuh rata-rata yang memiliki Healtbar/Hp yang besar seperti tank salah satunya.

Build
Build biasanya dikenal dalam game untuk Gear/item hero, contohnya build item untuk hero, build item itu cara kita untuk membangun sebuah gear/item yang tepat dengan hero yang kita pakai.

Buta Map
Buta  Map merupakan istilah untuk orang yang jarang melihat dan mengecek map di game. Hal ini terjadi dikarenakan berbagai faktor seperti, sibuk war, junggling/ngutan, sementara tower tidak di jaga dengan baik.

C
Critical
Critical merupakan serangan yang memiliki nilai 200 persen dari stiap basic attack yang di keluarkan. Status critical bisia ditingkatkan dengan membeli item yang memiliki status peningkat critical atau critical chance. Sementara itu status critical bisa dikurang dengan gear atau item yang memiliki status critical chance rate reduction.

Crab/Treasure Crab
Crab atau biasa kita sebut dengan klomang merupakan monster yang ada di dekat top lane dan bottom lane. Monster ini memberikan tambahan 10 gold setiap detiknya selama 30 detik jika kalian membunuhnya. 

Cooldown reduction
Pengurangan waktu tunggu karena skill maupun gear, semakin banyak gear atau item yang memiliki status cooldown reduction maka semakan cepat pula pengurangan waktu skill yang dibutuhkan kalian.

Cooldown
Cooldown merupakan watu tunggu yang dibutuhkan sebuah skill sebelum aktif dan bisa di gunakan kembali.

Crowd Control
CC merupakan skill yang dapat memberikan status tertentu pada musuh sehingga gerak mereka terbatas. Efek Crowd Control tersebut bisa berupa silence, airborn, stun, knock back dan masih banyak lainya, contoh hero yang memiliki CC terbaik yaitu nana, nana memiliki Crowd control hampir pada semua skillnya. 

Care
Care digunakan untuk memberi tahu team agar lebih berhati-hati terhadap sebuah kondisi lane. Contohnya ketika musuh kalian Jhonson, dan pada waktu itu jhonson tidak terlihat di map, maka kalian harus memberi tahu team untuk berhati-hati.

Creep
Creep bisa diartikan sebagai minion atau monster jungle.

D
DPS
DPS yang kita kenal dengan kepanjangan damage Per Second. Damage ini biasanya dihasilkan oleh serangan hero di setiap detiknya. Para hero yang memiliki kecepatan serang sangat tinggisisebut juga sebagai DPS.

Dive
Dive merupakan upaya untuk menyerang musuh yang berada pada zona aman mereka. Contohnya ketika kita mencoba menyerang dan memancing musuh yang berada di bawah turet untuk keluar.

Debuff
Debuff merupakan status buruk yang mempengaruhi hero kalian atau teman seteam kalian.

Disable
Yaitu kemampuan hero untuk mendisable atau mengunci musuh sepeti polimorph, airborne dan stun.

E
Epic Comeback
Membalikan keadaan kemenangan pertandingan setelah kalah skor cukup jauh.

Early Game
Early game bisa di descripsikan awal-awal pertandingan dimulai dimana level kita dan team masih pada kecil dan gear/item belum pada jadi.

Exchange
Proses saling bertukar serangan dengan musuh saat lane maupun saat team fight. Exchange ini biasanya jadi baik maupun buruk untuk team masing masing. Exchange baik terjadi saat musuh menerima damage lebih banyak dan sebaliknya exchange buruk terjadi jika team kita menerima damage lebih banyak pada saat team fight. 

Easy Game
Easy game ini biasanya dipakai untuk memprovokasi musuh jika keadaan sedang wipe out.

F
Fighter
Fighter merupakan salah satu role pada hero mobile legends,hero ini biasanya memiliki serangan melee dengan Damage Per Second yang lumayan tinggi, keuntungan hero fightr ini HP/HealtBar lebih besar dari assassin sehingga hero ini biasanya memiliki status di tengah-tengah dan cukup all rounder.

Farm
Farm merupakan proses mencari gold dengan cara membunuh argo minion dan monster yang berada pada lane mid, bot, top dan jungle.

Feed/Feeder
Feed/Feeder merupakan istilah untuk teman satu team yang terlalu sering mati di permainan.  Anggota yang memiliki jumlah mati 40% dan asist dibawah rata-rata bisa dikatakan feed, karena memberi tim lawan gold,exp.

Fountain
Fountain merupakan tempat untuk mengisi darah dan mana ketika mau habis, fountain juga memiliki defen tersediri, ketika ada musuh masuk maka foutain akan menembaki mushu, biasanya kita bisa menggunakan fountain setelah teleport/recall.

G
GG
GG merupakan singkatan dari kata Good Game yang melambangkan sikap positif, biasanya GG digunakan jika kita memiliki permainan yang bagus entah itu dari segi hero atau gear/item.

GGWP
GGWP memiliki kepanjangan Good Game Well Played, GGWP ini biasanya diucapkan kalau gamenya seru dan permainan team kita dan team lawan dominan saling menyerang.

Gear
Gear merupakan istilah yang digunakan oleh game mobile legend untuk menamakan item/equipment. Setiap hero pada mobile legends bisa mengatur equip set sendiri-sendiri dan setiap set gear terdiri dari 6 gear/item.

Gank
Gank merupakan proses menyerang musuh yang terisolasi secara sengaja maupun tidak sengaja beramai-ramai. Biasanya proses gank berlangsung dengan cepat dan penuh kejutan.

God Among Men
Isrilah ini di gunakan untuk player dewa diantara manusia, God Among Men biasanya dinobatkan untuk player yang memiliki kill dan asist diatas rata-rata.

H
HP
HP merupakan HealtBar yang dimiliki seorang hero atau kapasitas durability, jika HP menyentuh angka nol, maka hero tersebut kehilangan nyawanya.

HP Regen
Meeupakan nilai pemulihan HP yang dimiliki seorang hero, Semakin tinggi nilai HP Regen maka semakin cepat pula HP Kalian pulih.

Harrass
Menyerang musuh saat melakukan lanning/farm hingga musuh terpaksa harus mundu, Biasanya dengan attack berjarak. Proses ini menyebabkan musuh ketinggalan level dan kesulitan untuk mengumpulkan gold serta exp.

I
Initiate
Inisiasi merupakan orang yang pertama dipercaya tim untuk maju memulai sebuah team fight.

Imba
Imba atau imbalance, tidak imbang bahasa indonesia nya tuh atau lebih tepatnya Over Power.

IGN
In Game Name merupakan nama atau nick yang kalian gunakan deidalam game.

J
Jungle
Jugle merupakan sebutan hutan monster pada game moba.

jungling
Kill monster di jungle untuk menaikkan level dan gold, selain dua itu jungling juga sangat penting untuk hero Assassin agar mendapatkan Buff.

K
KS
KS merupakan singkatan dari Kill Steal, hal ini terjadi ketika kitas sudah menyerang musuh dengan sekuat tenaga kemudian temen kita datang untuk last hit musuh, maka itu kita sebut KS. Namun hal itu sudah lumrah terjadi, harus dimaklumin sudah sewajarnya saling membantu untuk mengalahkan musuh.

Kill
Membunuh lawan dalam pertempuran, gank, maupun solo.

KDA
K/D/A merupakan singkatan dari Kill, Death, Assist.

Kiting
Proses dimana kita menyerang musuh kemudian kita menghindar dari musuh agar tidak terkena damage serangan balasan.

L
Lord
Salah satu Monster Junggle di Mobile Legends, Lord ini jika di bunuh maka ia akan membantu kitamenghancurkan base musuh.

LifeSteal
Proses dimana kita menghisap darah mush menjadi darah kita, hal ini biasanya didukung oleh gear/item seperti Tooth of greed, Endless Battle selain dari item ada juga dari beberapa hero seperti Alucard, Ruby dan Alice.

Legendary
Legendary itu ketika kita membunuh musuh 7 atau lebih tanpa mati.

Legend
Tier rank devisi Legend

Late Game
Merupakan dimana permainan ada di menit 20 atau permainan sudah lama yang mana level sudah tinggi dan item sudah jadi semua.

Leash
Proses dimana kita membuat minion atau monster sekarat sehingga Assasin/Carry tinggal last hit saja.

M
MVP
Merupakan singkatan dari Most Valuable Player, pemain paling berpengaruh dalam permainan.

Mukil
Mukil merupakan gambaran dimana ada seorang yang bermain moba hanya untuk mencari Kill Banyak tanpa memikirkan Turret musuh.

Moba
Moba merupakan singkatan dari Massively Online Battle Arena.

MM
Merupakan singkatan dari MarksMan. MM memiliki ciri serangan jarak jauh.

Minion
Monster kecil yang keluar dari base untuk membantu kita menyerang tower, segerombolan minon biasanya disebut dengan agro minion.

Mid Lane
Mid atau kita biasa sebut dengan Jalur tengah.

Meta
Meta merupakan gambaran build seorang player yang tidak biasa, salah satu contohnya ketika kita memakai nana, nana merupakan hero mage yang memiliki damage magic burst akan tetapi kita menjadikannya MarksMan, Maka kita sebut dengan New Meta.

Magic Resistance
Pertahanan terhadap serangan magic.

Magic Penetration
Item/efek yang digunakan untuk menembus pertahanan magic resistance lawan.

Mabar
Mabar merupakan singkatan dari Main Bareng. Mabar biasanya kita sebut dengan party.

Mage
Mage merupakan kelas hero yang meggunakan magic. Biasanya hero mage memiliki Burst damage yang sangat besar, akan tetapi memiliki HP yang sangat kecil. Salah satu contoh hero mage yaitu Cyclop, Harley, Odete dan masih banyak hero mage yang ada di Mobile Legends.

Magic Attack
Salah satu tipe serangan yang ada di Mobile Legends. Perhitungan Magic Attack didasari status Magic Power pada hero.

Magic Power
Kekuatan magic yang dihasilkan hero.

Mana Regen
Nilai pemulihan mana yang dimiliki oleh seorang hero. selain hero, mana regen juga tersedia pada gear/item. 

Movment Speed
Satuan yang menunjukkan kecepatan gerak hero. Semakin tinggi movment speed maka semakin cepat juga hero tersebut bergerak dari satu titik ke titik lainnya.

N
Noob
Istilah untuk pemain pemula.

No Refund
Isrilah dalam jual beli, pembeli tidak menginginkan akun yang sebelumnya pernah terjadi refund. Hal ini terjadi dikarenakan pengembalian dana, bisa juga dikarenaan diamond ilegal.

Nerf
Nerft merupakan singkatan dari Negative Reformation dimana akan ada penurunan skill/efek/kemampuan/CD skill pada Hero.

Normal Monster
Salah satu tipe monster jungle. Normal monster ini hanya akan memberikan gold, experience, dan regen HP dan mana saja.

O
Over Power
Merupakan sebutan untuk hero yang terlalu kuat, Over power biasa kita sebut OP biasanya terjadi pada hero baru yang baru rilis dan rework. 

Open War
Merupakan istilah saat ada pemain yang pertama kali berinisiasi untuk membuka pertarungan. Open war biasanya dilakukan oleh hero initiator dan tank.

P
Push
Merupakan upaya untuk mendorong satu lane atau lebih, hal ini dilakukan agar bisa menjangkau dan menghancurkan objektif.

Physical penetration
Pengurangan daya tahan terhadap physical damage berdasarkan value yang ditunjukkan.

Physical Damage Reduction
Pengurangan physical damage terdapat sebuah target berdasarkan Value yang ditunjukkan. 

Physical Damage
Salah satu tipe serangan yang perhitungan Physical damagenya didasri status Physical Attack seorang hero.

Physical Attack
Satuan yang menghitung seberapa kuat Physical damage yang dihasilkan seorang hero.

Passive
Passive merupakan status yang berada pada skill hero dan gear/item.

Q
-
R
Rank
Merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur kemampuan seorang dalam bermain. Saat ini ada enam tier yang dimiliki mobile legends, Tier warrior, elite, master, grand master, epic, legends dan mythic.

Ranked 
Mode yang harus dimainkan untuk mendaptkan peringkat di Mobile Legends.

Resilience
Merupakan satuan yang menunjukkan seberapa cepat efek debuff hilang dari seorang hero.

Revamp
Merupakan kebalikan dari nerf. Revamp biasanya terjadi karena skill hero yang monotan dan terkesan kurang cocok dalam komposisi game.

Ringer
Merupakan sebutan untuk pemain yang memperoleh Assist yang banyak dalam permainan. 

Roaming
Merupakan proses dimana seorang player selalu berpindah-pindah tempat. Roaming atau roam biasanya dilakukkan untuk upaya gank dan membantu membunuh musuh yang sedang menjaga turret.

Role
Merupakan peranan hero. Contoh role hero dalam mobile legends; Fighter, MM, Assassin, Support, Mage. 

S
Support
Merupakan salah saru role hero pada mobile legends, biasanya support memiliki skill yang bisa membantu reka satu tim untuk bertahan delama mungkin di dalam permainan. Baik saat laning, gank dan team fight.

Stun
Merupakan salah satu debuff yang dimana hero yang terkena stun akan berhenti beberapa saat.

Stack
Merupakan istilah yang merujuk pada penumpukkan efek karen askill tertentu.

Spinner
Salah satu nama monster jungle. Monster ini akan memberikan Gold, experience dan buff tambahan seperti CD reduction dan mana Reduction.

Spell Vamp
Kemampuan unik yang akan mengubah damage yang dihasilkan oleh skill menjadi HP.

Slow
Merupakan efek dari salah satu debuff pada hero dan skill tertentu, biasanya hero yang terkena slow kecepatan bergeraknya akan melambat.

Silence
Salah satu debuff dalam game mobile legends. Hero yang terkena silence maka tidak bisa menggunakan skill beberapa saat.

Scaling
Merupakan peningkatan kekuatan hero saat mereka naik level dan mendapatkan gear dibandingkan hero lainnya.

Single CC
Single crowd control merupakan skill yang dapat mengontrol lawan dalam jumlah yang sedikit.

Solo
Merupakan isitlah untuk kita yang ingin sendirian di lane.

Spell
Merupakan beberapa macam kemampuan yang dapat kita pilih sebelum match di mulai. Yang diantaranya spell penambah damage, attack speed, stun dan masih banyak spell lainnya.

T
Turtle
Merupakan salah satu monster besar yang muncul sebelum lord. Turtle akan memberikan gold dan experiece dalam jumlah besar bagi tim yang berhasil membunuhnya. Turtle bisa kita bunuh 2 kali dalam satu match.

Turret Hug
Merupakan aksi untuk berada di dalam jangkauan terret sendiri terus-menerus, hal ini biasanya dilakukan demi mencegah hero musuh menyerang kita.

Turret
Merupakan bangunan objetif yang bisa menyerang mush decara otomatis selama berada di dalam jangkauanya. Turret ini memiliki tipe serangan true damage dan damage yang dihasilkan akan terus meningkat bila menyerang satu target secara terus-menerus.

True damage
Salah satu tipe serangan yang tidak bisa ditahan oleh apapun sehingga angka yang tertera di status akan sama dengan angka yang muncul di dalam game.

Top
Lane yang berada pada bagian atas map/peta.

Top Global
Merupakan sebutan untuk orang yang menguasai hero dan memiliki peringkat tertinggi dalam server dunia.

Top Local
Top Local merupakan sebutan untuk orang yang menguasa hero dan memiliki pertingkat tertinggi dalam server masing masing.

Tier
Merupakan indikator kemampuan bermain seseorang. Tier bisa dilihat pada bagian rank.

Tank
Merupaka salah satu role di mobile legends. Biasanya tank memiliki ciri-ciri HP yang tebal, armore super keras sehingga bisa bertahan lebih lama di lane maupun team fight.

U
Unique Passive
Merupakan status tambahan yang ada pada item. Bedanya dengan Unique, status ini tidak bisa di stck dan membutuhkan syarat tertentu untuk mengaktifkannya.

Unique
Merupakan status tambahan yang ada pada setiap item/gear. Status ini biasanya di stack dan akan selalu keluar setiap saat tanpa ada syarat tertentu.

Ultimate
Merupakan skill pamungkas yang dimiliki setiap hero. Biasanya skill ini sangat kuat dan memiliki damage yang sangat besar serta Cooldown yang lama. 

Win rate
Merupakan presentase kemenangan, WR ini bisa dari kemenangan hero tertentu dan keseluruhan match. 

Nah diatas merupakan daftar lengkap glosarry dalam game mobile legends, jika ada tambahkan jangan sungkan sungkan untuk berkomentar di bawah ya guys. akhir kata good game well played dont forget attack turret first.



Demikianlah Artikel Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends

Sekianlah artikel Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Arti dan Istilah Penting Dalam Game Mobile Legends dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/04/arti-dan-istilah-penting-dalam-game.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done