Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah - Sijunjung Xcoder

Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah

Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah
link : Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah

Baca juga


Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah


Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang, segala cara ditempuh manusia agar bisa mendapati tubuh yang sehat, namun sayang kelalaian yang dilakukan manusia menjadi sebuah pemicu timbulnya penyakit pada tubuh, seperti begadang, minum alkohol, narkoba, seks bebas dan lain sebagainya. Tentunya untuk menjaga kesehatan kita tidak boleh lalai dengan menjauhi berbagai hal yang dapat menimbulkan penyakit.

Tahukah kamu kondisi kesehatan dapat terlihat melalui warna lidah ?? Dalam ilmu kesehatan warna lidah dapat menjadi patokan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara mudah dan sederhana. Apakah warna lidah kamu sekarang sesuai dengan warna lidah orang yang memiliki kondisi kesehatan prima ??

Penjelasan

Beberapa gangguan yang terjadi pada tubuh dapat membuat warna lidah berubah dan beberapa peruabahan warna pada lidah dapat mengkonfirmasi penyakit serius pada tubuh. Jika warna lidah kamu mengalami perubahan dari warna lidah normal yaitu Merah jambu dengan bintik-bintk putih yang menyelimuti atau disebut dengan papila maka sebaiknya segeralah konjungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

Baiklah dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini beberapa warna pada lidah yang menunjukan gejala kondisi kurang baik pada tubuh.

1. Hitam
Seperti kita tahu warna lidah normal yakni merah jambu dengan bintik putih yang disebut papila, pada beberapa kondisi bintik putih papila tersebut dapat berubah warna menjadi warna gelap yakni hitam. Beberapa hal yang menjadi penyebab perubahan warna menjadi hitam tersebut masih belum diketahui pasti, namun beberapa perkiraannya yakni kebiasaan merokok, minum alkohol, minum kopi, teh hitam, atau bisa juga menjadi pertanda kebersihan mulut anda kurang terjaga.

Jika warna hitam pada lidah tersebut tidak hilang setalah menjaga kebersihan mulut sebaiknya segeralah periksa kedokter agar dapat diketahui penyebab pastinya.

2. Putih
Warna lidah putih disebabkan oleh selaput yang ada pada permukaan lidah, penyebab umum munculnya selaput putih pada lidah adalah karena adanya bakteri dan jamur. Namun kondisi lidah berselaput warna putih ini umumnya adalah hal yang biasa saja, terutama ketika kamu baru sembuh dari flu kemungkinan lidah akan berselaput putih, kamu bisa menghilangkannya dengan cara membersihkan mulut atau mengerik permukaan lidah. 

Namun selaput warna putih pada lidah dapat dikatakan sesuatu yang serius apabila disertai rasa sakit pada lidah dan selaput tidak hilang ketika dikerik. Beberapa penyebab umum yang lebih serius yang membuat lidah berselaput putih yaitu

  • Kandidiasis mulut, kondisi ini umumnya ada pada orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, orang yang kekurangan vitamin B dan zat besi, dan orang-orang yang sering mengkonsumsi antibiotik.
  • Leukoplakia, kondisi ini umumnya tidak terlalu berbahaya, namun pada beberapa kasus kondisi ini dapat berkembang mejadi kanker. Penyebab munculnya kondisi ini adalah dikarenakan terjadinya iritasi pada lidah atau terlalu banyak minum alkohol dan merokok.
  • Oral lichen planus, pada beberapa kasus parah, kondisi ini menimbulkan rasa sakit pada lidah, dan penyebab terjadinya kondisi ini masih belum diketahui pasti.
3. Merah
Beberapa kondisi tubuh yang perlu diperhatikan ketika lidah berwarna merah yaitu seperti
  • Kekurangan asam folat dan vitamin B12
  • Demam
  • Penyakit kawasaki
  • Lidah mengerut
4. Kuning
Lidah berwarna kuning kemungkinan ringannya adalah akibat dari kebersihan mulut yang tidak terjaga, namun kamu tetap harus memperhatikannya karena beberapa kasus lidah kuning merupakan pertanda yang parah, yaitu tubuh mengalami penyakit kuning. Jika lidah berwarna kuning disertai dengan rasa sakit dan tidak hilang ketika digosok atau dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya periksakan diri anda kedokter.

5. Ungu
Meski jarang, warna ini bisa menjadi pertanda penyakit serius pada tubuh yaitu penyakit jantung atau paru-paru, jika kamu mengalami warna lidah seperti ini sebaiknya cepat-cepat periksa kedokter agar dapat diketahui lebih lanjut.

6. Pucat
Apabila warna pada lidah pucat, kemungkinan terbesar yang terjadi pada tubuh adalah kekurangan asupan vitamin dan mineral. Kamu bisa mencukupi kebutuhan tersebut dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Itulah peringatan yang diberikan tubuh untuk menunjukan keadaan buruk yang terjadi pada tubuh kita, oleh karena itu perlunya perhatian dan kepedulian terhadap tanda-tanda yang diberikan tubuh salah satunya warna lidah tadi. Semoga kita bisa selalu terhindar dari berbagai penyakit dan selalu dapat menjalani hidup dengan tubuh sehat dan tentunya pikiran sehat pula.

*Picture adapted from lifestyle.analisadaily,com



Demikianlah Artikel Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah

Sekianlah artikel Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Lidah dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/04/ketahui-kondisi-kesehatan-anda-melalui.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done