Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik? - Sijunjung Xcoder

Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik?

Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik? - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik?
link : Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik?

Baca juga


Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik?

Tanyakan kepada gamer konsol tentang persaingan abadi antara Xbox One X dan PS4 Pro. Namun, gamer PC telah memiliki permusuhannya sendiri, meskipun tanpa berita utama: Nvidia vs Amd. Meskipun kamu mungkin tidak pernah mendengar hal ini sebelumnya, banyaknya inovasi dan persaingan yang muncul dari perseteruan teknologi ini tidak pernah berakhir. 

Namun tetap saja, jika kamu tidak bersedia untuk memberikan kesetiaan pada salah satu raksasa teknologi ini, mungkin akan sulit untuk memutuskan kartu grafis apa yang terbaik yang cocok untuk kebutuhanmu. Namun jangan khawatir kita akan membahas dan mencari tahu siapa pemenang dalam pertempuran tim hijau dan tim merah atau Nvidia vs AMD.

Pada 2018, Nvidia VS AMD masih menjadi persaingan besar. Hampir dua tahun setelah perilisan Nvidia's GTX 10 series, kita baru saja akhirnya melihat Nvidia mengumumkan Turing-powered GeForce RTX 2080. Kartu grafis baru ini akan hadir di toko pada 20 September, bersama RTX 2080 Ti, dengan RTX 2070 yang akan menyusul di kemudian hari. 

Pada tim merah, AMD merilis kartu grafis AMD Vega lagi pada bulan Agustus 2017. AMD juga telah mengungkapkan GPU Nade Radeon 7nm yang baru di Computex 2018, dan sementara ini tidak akan menjadi model konsumen, mereka memberi kita sekilas dari apa yang bisa kita harapkan dari Navi.

Tidak peduli seperti apa caramu memandangnya, baik kartu grafis Nvidia maupun AMD tidak akan hilang dalam waktu dekat, jadi itulah mengapa kami membuat panduan ini - untuk menyelami dan mencari tahu persis bagaimana perbedaannya. 

Mulai dari fitur eksklusif hingga perbandingan harga dengan kinerja, bahkan hingga ke drivernya, dan kamu juga tidak bisa melupakan semua tawaran eksklusif dari kedua VGA ini. Dilansir dari techradar berikut ini beberapa perbandingan antara VGA Nvidia dengan AMD:

Harga
Siapa pun yang pernah menelusuri Reddit atau pada bagian komentar di situs web teknologi akan tahu bahwa AMD terkenal karena harganya yang terjangkau, dan Nvidia terkenal atas kinerja high-end dan harganya yang tinggi. Tapi benarkah semua itu?

Nah, ada banyak tolok ukur yang cukup meyakinkan memberitahu kita bahwa AMD Radeon RX Vega 56, yang tersedia dengan harga $400 (sekitar Rp 6.000.000) MSRP, adalah versi yang lebih baik daripada Nvidia GeForce GTX 1070 $650 (sekitar Rp 9.600.000 ). Ketika kamu mempertimbangkan efek penambangan cryptocurrency pada harga, Nvidia sebenarnya memiliki keuntungan cukup besar dari perspektif harga.

Namun, meskipun cryptocurrency tidak lagi menjadi masalah, kartu grafis baru yang diumumkan Nvidia harganya akan tetap tinggi.

Nvidia GeForce RTX 2080 Ti dipatok dengan harga $1.199  (sekitar Rp 17.745.000), yang hampir dua kali lipat harga GTX 1080 Ti generasi terakhir. Kenaikan harga ini terus berlanjut, dengan RTX 2080 seharga $799 (sekitar Rp 11.825.200) dan RTX 2070 seharga $599 (8.865.000). Saat membuka kaynote, Nvidia mengklaim bahwa mereka akan mulai dengan harga rendah, tetapi masih harus ditinjau apakah kita akan benar-benar merasakan harga yang di pasar.

Saat ini, jika kamu mencoba untuk menghemat uang, kamu lebih baik membeli kartu Nvidia generasi terakhir atau kartu seri AMD Vega atau Radeon RX 500 - karena harga antara keduanya masih cukup sebanding, seperti kekuatannya. Saat ini kamu dapat menemukan AMD RX Vega 64 seharga $599 (sekitar Rp 8.865.000), dengan harga yang sama dengan GTX 1080.

Pada akhirnya, harga yang lebih baik akan bergantung pada seberapa besar diskon yang diberikan.

Performa 
Ketika kamu mencoba merakit PC yang lebih bagus dari musuh bebuyutanmu, membeli kartu grafis bukan masalah harga melainkan kinerja. Memliki kinerja/performa terbaik dengan biaya rendah adalah faktor yang paling penting dalam mendorong penjualan GPU.

Saat ini, kami menunggu untuk mendapatkan RTX 2080 Ti dan sisa jajaran Nvidia Turing, dengan memori GDDR6 dan high-end Tensor dan RT core yang bisa meningkatkan kinerja melalui penggunaan AI. 

Dan, meskipun AMD dulu dipuji karena menjadi juara dan mendapat banyak penghargaan, Nvidia adalah pemenang yang jelas dalam hal rasio harga-kinerja pada tahun 2018. Dan sebagai bukti lebih lanjut bahwa Nvidia adalah pemenang persaingan saat ini contohnya AMD bahkan tidak menghasilkan pesaing sejati untuk GTX 1080 Ti, dan Nvidia keluar dengan RTX 2080 yang akan mengungguli jauh di depan tim merah.

Agar adil, Vega hanya tersedia untuk beberapa bulan sekarang, dan tidak ada GTX 1080 Ti yang setara dengan peluncuran Pascal. Namun, GTX 1080 menunjukkan keunggulan RX Vega 64 di bidang yang berbeda, seperti multi-rendering dan perhitungan NBody, sedangkan RX Vega 64 lebih baik dalam menyajikan detail tekstur dan bayangan kompleks.

Dengan kata lain, AMD dan Nvidia begitu dekat pada titik ini, yang mana yang lebih baik adalah masalah permainan apa yang kamu mainkan dan pada resolusi apa. Seperti yang kami laporkan pada bulan Oktober, Vega 64 adalah alat tempur yang baik untuk memainkan Forza Motorsport 7 di resolusi 1080p. Pada saat yang sama, GPU andalan Nvidia mengelola keunggulan rasio dalam 4K.

Tren ini terus berlanjut ke daftar kartu grafis yang lebih murah dari AMD dan Nvidia, termasuk RX Vega 56, yang memiliki frame rate lebih tinggi daripada GTX 1070 Founders Edition di game DirectX 12-berat seperti Rise of the Tomb Raider dan Deus Ex: Mankind Divided (91 fps vs 89 fps dan 40 fps vs 31 fps), menurut PCGamesN.

Sedangkan untuk Grand Theft Auto V berjalan 64 fps pada RX Vega 56 vs 79 fps dari GTX 1070. 

Software, Driver, dan Fitur
Salah satu keunggulan utama menggunakan perangkat keras Nvidia daripada AMD adalah keunggulan software GeForce Experience.

Karena software ini memberikan pembaruan driver dan mengoptimalkan game selain memungkinkan kamu untuk menyiarkan gameplay dan merekam layar serta video langsung dari antarmuka yang mudah digunakan, Nvidia GeForce Experience bisa dikatakan sebagai aplikasi game PC satu-satunya yang bisa mengatur semuanya.

Sementara itu, AMD yang baru-baru ini mengumumkan Radeon Software Adrenalin Edition bertujuan untuk menyaingi Nvidia. Sebelumnya dikenal sebagai Crimson ReLive, pembaruan ulang terbaru dari aplikasi grafis AMD yang ditumpuk dengan semua fitur yang telah kamu kembangkan sejak UI secara besar-besaran dirombak kembali pada bulan Juli, tetapi dengan manfaat pembaruan driver pembaruan yang lebih konsisten untuk memperhitungkan setiap rilis game utama.

Mulai Desember 2016, kamu sudah dapat melakukan streaming langsung melalui Radeon Crimson ReLive, tetapi sekarang kamu dapat mengambil langkah-langkah keamanan untuk memastikan efisiensi daya maksimum saat bermain game. Itu termasuk kemampuan untuk underclock frekuensi memori, frame rate cap pada tingkat hardware dan mengaktifkan "Enhanced Sync" untuk mengurangi lag frame sementara itu secara bersamaan memerangi layar robek.

Namun, GeForce Experience memiliki fitur pengoptimalan game yang membuat kita semua tergila-gila. Jadi, ketika kamu tidak tahu setelan apa yang terbaik untuk komputer di The Witcher 3, Nvidia mampu mengatasi hal ini.

Pengguna AMD dapat mengunduh dan memasang Raptr’s Gaming Evolved untuk mengoptimalkan pengalaman bermain. Namun, add-on ini kurang ideal bila dibandingkan dengan pesaing terbesarnya yang dapat menyelesaikan hampir semuanya dari dalam melalui GeForce Experience. Fiturnya antara lain menggunakan Nvidia Ansel untuk mengambil foto dalam game yang keren dengan resolusi melebihi 63K (16 kali dari yang dapat ditampilkan oleh monitor 4K).

Nvidia juga memiliki kemampuan dalam hal streaming game, baik itu untuk PC game lainnya dengan setidaknya GPU berbasis Maxwell, serta tablet buatan sendiri dan set-top box perusahaan. Belum lagi, Nvidia juga memiliki panggilan layanan game berbasis cloud GeForce Now yang tersedia untuk pengguna Windows 10 dan MacOS.

Fitur Eksklusif
Dulu pernah dikabarkan bahwa AMD dan Nvidia memberlakukan taktik yang curang, "membayar" pengembang game untuk menunjukkan perlakuan istimewa terhadap suatu kartu grafis. Itulah mengapa permainan tertentu berjalan lebih baik menggunakan grafis GeForce daripada Radeon dan sebaliknya.

Untungnya, selain teknologi baru seperti pelacakan sinar dan super-sampling pembelajaran mendalam dalam kartu Turing Nvidia yang baru, kami tidak melihat kekhawatiran ini dari para gamer PC.

Dalam acara livestream Capsaicin & Cream di GDC 2017, kami berbicara dengan AMD untuk membahas strateginya dalam bersaing dengan Nvidia. Kabar bahwa perusahaan akan bermitra dengan Bethesda Softworks untuk mengoptimalkan game-nya untuk Radeon, Ryzen atau keduanya. 

Pada saat itu, potensi game yang beroperasi lebih lancar di sistem AMD berarti bahwa Nvidia dapat melawan balik dengan bermitra dengan penerbit yang sama besar. Meskipun manuver terakhir belum terjadi, perbandingan kinerja Wolfenstein II awal, seperti ini dari TechEpiphany di YouTube telah menunjukkan kinerja yang lebih baik dan suhu yang lebih rendah yang berasal dari AMD Radeon RX 64 ketika diadu dengan Nvidia's GeForce GTX 1080.

Bethesda bukanlah satu-satunya perusahaan yang menunjukkan favoritisme baik untuk tim merah atau hijau. Jika kamu pernah melihat layar splash AMD atau Nvidia di depan halaman judul saat memulai game, bisa dipastikan game tersebut akan berjalan lebih baik dengan hardware perusahaan itu.

Jadi, manakah VGA yang lebih baik, Nvidia atau AMD? 
Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, dan dalam beberapa kasus "kebencian" tentang grafis Nvidia dan AMD. Pada akhirnya, kedua perusahaan ini bergantung pada persaingan satu sama lain untuk berkembang. Cukuplah untuk mengatakan, debat Nvidia vs AMD mengharuskan kamu memahami bahwa ada alasan mengapa Radeon dan GeForce GPU sangat mirip kinerjanya saat ini.

Setiap perusahaan melakukan yang terbaik untuk mengikuti mindshare dari yang lain, dan itu bagus untuk kami. Mereka pada dasarnya bersaing untuk mendapatkan uang kita, belajar dari kesalahan masing-masing dan melakukan peningkatan yang ditandai di sepanjang jalan.

Terserah kamu mana yang pantas memenangkan kontes berapi-api Nvidia vs AMD, meskipun kami akan mengatakan bahwa: Nvidia tak tertandingi di pasar 4K sekarang. 

Jika itu membantu, RTX 2080 Ti mungkin adalah pilihan terbaik jika kamu ingin PC mu mengikuti tampilan Ultra HD - selama kamu mampu membelinya. Namun, jika kamu berhemat, kartu grafis Nvidia dan AMD akan hampir sama, setidaknya hingga kartu Turing low-end muncul ke publik. 




Demikianlah Artikel Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik?

Sekianlah artikel Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Nvidia VS AMD, Manakah VGA yang Terbaik? dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/09/nvidia-vs-amd-manakah-vga-yang-terbaik.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done