Penjelasan Konsep CAPsMAN - Sijunjung Xcoder

Penjelasan Konsep CAPsMAN

Penjelasan Konsep CAPsMAN - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penjelasan Konsep CAPsMAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jaringan, Artikel Materi, Artikel Mikrotik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penjelasan Konsep CAPsMAN
link : Penjelasan Konsep CAPsMAN

Baca juga


Penjelasan Konsep CAPsMAN


CAPsMAN (Controller Access Point system Manager) merupakan sebuah fitur wireless controller yang memudahkan kita untuk mengatur semua perangkat wireless akses point yang ada dijaringan kita secara terpusat.


Dalam penggunaan CAPsMAN ini, nanti perangkat-perangkat yang akan kita gunakan memiliki 2 istilah
- CAP (Controlled Access Point), yaitu perangkat wireless akses point yang akan kita konfigurasi terpusat
- System Manager (CAPsMAN), yaitu perangkat yang digunakan untuk mengatur CAP. Konfigurasi, authentikasi dan sebagainya bisa diatur dari perangkat ini

Fitur CAPsMAn saat ini yang tersedia
  • Authentikasi Radius berdasarkan MAC address
  • Authentikasi menggunakan WPA/WPA2
  • Grouping konfigurasi AP


 Sedangkan fitur yang saat ini belum disupport jika menggunakan CAPsMAN :

  • NStreme
  • NV2
  • Custom Advanced Wireless Config


Sekilas Cara Kerja CAPsMAN
Agar CAPsMAN sistem ini berfungsi, perangkat yang menjadi CAP harus membentuk koneksi manajemen ke perangkat yang menjadi CAPsMAN. Komunikasi antara CAPsMAN dan CAP bisa dibentuk dengan 2 metode: 

  • Menggunakan MAC, komunikasi bisa terbentuk apabila CAP dan CAPsMAN masih berada dalam segment layer 2 yang sama (baik fisik ataupun layer 2 tunnel)
  • Menggunakan IP (protocol UDP), komunikasi ini digunakan apabila antara CAP dan CAPsMAN sudah berbeda segment Layer 2 (melewati router lain). Dengan menggunakan metode ini maka antara CAP dan CAPsMAN tidak perlu berada dalam sebuah network yang sama, bahkan bisa berbeda lokasi geografis


Penjelasan Pengaturan Pada Mikrotik
  • Tab Wireless berfungsi untuk pengaturan SSID, jumlah client per AP dan sebagainya. Untuk SSID sengaja kami bedakan agar terlihat bedanya pada saat discan.
  • Tab Channel berfungsi untuk pengaturan band, frekuensi, lebar frekuensi yang digunakan dsb. Untuk Band, pastikan sudah sesuai dengan spesifikasi perangkat anda, dan untuk frekuensi anda bisa gunakan yang paling jarang digunakan.
  • Tab Datapath berfungsi untuk mengatur data flow dari trafik client nantinya. Sesuai topologi di awal, karena kita ingin antara SXT-Lite5 dan SXT-Lite2 berada dalam network segment yang sama (ditunjukkan dengan garis merah), maka kita perlu memasukkan kedua interface ini kedalam bridge yang sama yang ada di router CAPsMAN yaitu bridge-wireless dan untuk parameter local-forwarding nya kita uncheck. Dengan meng-uncheck parameter local-forwarding maka semua trafik dari client wireless masing-masing CAP akan di forward langsung ke router CAPsMAN, sehingga untuk pengaturan trafiknya bisa dihandle oleh router CAPsMAN, semisal : service DHCP server, Hotspot server dan sebagainya. Router CAP hanya berfungsi sebagai penyedia link wireless saja.





Demikianlah Artikel Penjelasan Konsep CAPsMAN

Sekianlah artikel Penjelasan Konsep CAPsMAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penjelasan Konsep CAPsMAN dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/11/penjelasan-konsep-capsman.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done