Manajemen User di Linux - Sijunjung Xcoder

Manajemen User di Linux

Manajemen User di Linux - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manajemen User di Linux, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Debian, Artikel Linux, Artikel Ubuntu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manajemen User di Linux
link : Manajemen User di Linux

Baca juga


Manajemen User di Linux

     Membuat, memodifikasi dan menghapus user di dalam linux (debian, ubuntu, dan lain-lain) termasuk dalam manajemen user. Manajemen user ini berguna untuk memanage user-user yang terdapat dalam server maupun pc.



Membuat User Baru
Membuat user baru dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu :

1. Adduser
    Membuat user dapat dilakukan secara otomatis dan lebih mudah dengan perintah #adduser nama_user, dengan menggunakan perintah tersebut user akan dibuatkan password secara otomatis, dibuatkan direktori secara otomatis, dibuatkan group secara otomatis, dan dibuatkan shell secara otomatis.

2. Useradd
    masukkan perintah #useradd nama_user untuk membuat user tanpa dibuatkan secara otomatis password, direktori, grup, dan shell. Membuat user dengan cara ini, tidak dapat digunakan untuk login sebelum dibuatkan password, direktori dan juga shell.



Memodifikasi User
Modifikasi user dapat dibedakan menjadi :

1. Password
#passwd nama_user

2. Direktori
    Pertama buat direkotori baru bernama sama denga user di direktori home menggunakan perintah #mkdir /home/nama_direktori. Lalu ubahlah atau tambahkan direktori untuk user dengan perintah
#usermod -d /home/nama_direktori/ nama_user

3. Group
    Pertama buatlah group baru dengan perintah #addgroup nama_group. Lalu tambahkan atau ubah group user dengan perintah
#usermod -g nama_group nama_user

4. Shell
usermod -s /bin/bash nama_user

5. Kepemilikan Direktori
#chown nama_user direktori_tujuan



Melihat Seluruh User
dapat mengecek user dengan perintah #nano /etc/passwd lalu lihat pada list user pada file tersebut, maka akan terdapat user yang telah dibuat tadi




Menghapus User
Menghapus user dapat dilakukan dengan perintah #deluser nama_user, menghapus user dengan cara ini tidak menghapus direktori dan group dari user tersebut.





Demikianlah Artikel Manajemen User di Linux

Sekianlah artikel Manajemen User di Linux kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manajemen User di Linux dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2019/03/manajemen-user-di-linux.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done