Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer - Sijunjung Xcoder

Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer

Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Odyssey56, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer
link : Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer

Baca juga


Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer


Melihat dan memeriksa proses dan tabel ARP di Cisco Packet Tracer. Sebelum menuju ke langkah langkah ada baiknya untuk tau sedikit tentang apa itu ARP. ARP atau Address Resolution Protocol merupakan sebuah protokol yang bertanggung jawab mencari tahu Mac Address atau alamat hardware dari suatu Host yang tergabung dalam sebuah jaringan LAN dengan memanfaatkan IP Address. Berikut ini adalah cara untuk melihat bagaimana proses berlangsungnya protokol ARP.


Baca Juga : Cara Melihat MAC Address dan IP Address pada Cisco Packet Tracer


Download Project




Langkah-Langkah

1. Buka Cisco Packet Tracer dan buka project. Untuk project dapat di download pada link di atas. Klik pada PC 172.16.31.2 dan buka command prompt kemudian ketik arp -d untuk menghapus tabel arp yang telah ada.


2. Klik mode Simulation, kemudian lakukan ping menuju IP Address 172.16.31.3


3. Maka pada tampilan utama PC 172.16.31.2 dan PC 172.16.31.3 melakukan proses pengiriman paket ICMP (ping) dan juga ARP (untuk mengetahui MAC Address).


4. Capture paket selanjutnya dengan mengklik tombol Next yang ada di bagian bawah, maka paket ARP akan bergerak menuju ke switch.


5. Setelah itu buka PDU Information untuk melihat data seperti MAC Address asal, ARP Address, IP asal, dan IP tujuan. Selain itu juga terdapat informasi seperti paket tersebut masuk melalui port FastEthernet0/1 dan setelah itu akan keluar melalui 3 port yang lainnya.


6. Setelah melihat informasi PDU lanjut mencapture ARP dengan klik Next. Maka ARP akan tersebar menjadi 3 yaitu menuju PC 172.16.31.3, PC 172.16.31.4, dan Router1 dimana pada Router1 dan PC 172.16.31.4 paket ARP tersebut ditolak karena tujuan dari paket ARP tersebut adalah menuju ke IP 172.16.31.3.


7. Lalu buka lagi PDU Information Data informasi seperti sebelumnya dimana sekarang tujuan dari paket ARP telah berubah yaitu kembali lagi menuju IP asal yaitu 172.16.31.2.


8. Klik next untuk melanjutkan mencapture proses paket ARP.


9. Klik next lagi untuk melanjutkan mencapture proses paket ARP. Pada saat ini paket ARP telah sampai ke tujuan yaitu IP asal dari paket ARP disini informasi MAC Address yang telah di dapat oleh ARP akan di catat di dalam Tabel ARP.


10. Selanjutnya klik PDU information pada paket ICMP untuk melihat kembali informasi atau data. Pada data tersebut menandakan bahwa MAC Address dari PC 172.16.31.3 telah di rekam atau di catat paket ARP dan dapat di identifikasi.


11. Setelah itu klik pada menu Realtime pada bagian pojok kanan bawah, buka kembali Command Prompt dari PC 172.16.31.2. Maka proses ping (ICMP) telah selesai dan menghasilkan output berupa reply.


12. Selanjutnya ketik arp -a untuk melihat tabel ARP, maka tabel ARP akan tampil.


Semoga Bermanfaat



Demikianlah Artikel Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer

Sekianlah artikel Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Melihat Proses dan Tabel ARP di Cisco Packet Tracer dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2020/04/melihat-proses-dan-tabel-arp-di-cisco.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done