7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game - Sijunjung Xcoder

7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game

7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Teknologi, Artikel tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game
link : 7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game

Baca juga


7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game

Dalam bermain game laptop/PC kita mungkin akan sering menjumpai yang namanya lag, fps rendah, loading lama, dll yang membuat pengalaman bermain game menjadi tidak nyaman dan mengecewakan.

Semua itu disebabkan oleh banyak hal, dan salah satu penyebabnya adalah spesifikasi PC/Laptop. Spesifikasi PC atau laptop memiliki peran penting dalam menghadirkan pengalaman bermain game lebih baik dan lancar. Kali ini kita akan bahas 7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game. Simak baik-baik ya:

1. RAM
RAM dalah kepanjangan Random Access Memory. RAM berperan besar dalam menyimpan data secara sementara dan random. Semua tugas yang ada di komputer/laptop sementara disimpan dalam RAM. Data yang telah disimpan dalam RAM akan mempermudah kerja laptop. Jika ukuran RAM yang kamu miliki besar, maka game yang kamu mainkan akan semakin lancar.

Karena itulah dalam membeli laptop pastikan kamu membali yang ukuran RAM nya 4 GB keatas. Atau jika 2 GB kamu bisa membeli RAM lagi 2 GB di toko sekalian memasangnya. Saya telah membuktikan sendiri kalau RAM dalah bagian terpenting dalam game.

Dulu RAM saya hanya 2 GB dan saat digunakan untuk memainkan game berat seperti DOTA 2 akan mengalami loading yang sangat lama. Lag sedikit langsung DC sediri. Kemudian saya tambahkan RAM lagi 2 GB di toko komputer dan memasangnya sekalian. Hasilnya game yang saya mainkan loadingnya berkurang dan semakin lancar.

2.  VGA
VGA merupakan kepanjangan dari Video Graphics Array, yaitu tipe koneksi standar untuk perangkat video seperti monitor dan proyektor. Banyak orang masih belum bisa membandingkan VGA dengan GPU (Graphics Processing Unit), banyak yang menganggap Intel HD Graphics adalah VGA, hal tersebut tidaklah benar.

VGA yang dimaksud disini adalah ATI Radeon, Nvidia GeForce, Nvidia GTX, dll. Bukan Intel HD yang ada dalam laptop, Intel HD termasuk GPU yang memiliki fungsi yang mirip dengan VGA namun kemampuannya lebih rendah. Dalam gaming perangkat yang paling penting dibutuhkan adalah VGA bukan GPU.

VGA berperan penting dalam pemrosesan grafis dan membuat game menjadi lebih nyata. Semakin besar dan baik VGA nya maka grafis yang ditampilkan juga akan semakin bagus. VGA ada banyak macamnya, contohnya Nvidia GeForce atau AMD Radeon. Setiap VGA memiliki generasinya sendiri, dan semakin baru generasinya maka kualitasnya juga akan semakin baik.

VGA yang paling bagus adalah merek Nvidia, karena akan membuat laptop tidak cepat panas, dan grafis yang ditampilkan juga menakjubkan, namun harganya agak sedikit mahal. Saya sarankan untuk membeli VGA ini, sedangkan untuk yang lebih murah ada ATI Radeon buatan AMD yang tidak kalah bagus dengan harga yang lebih murah, namun akan membuat laptopmu cepat panas saat digunakan untuk main game.

VGA juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, ada yang 1 GB, 2 GB, 4 GB bahkan 8 GB. Saya sarankan membeli laptop yang VGA nya 2 GB, karena rata-rata game PC membutuhkan VGA dengan ukuran tersebut. Emakin besar ukurannya tentunya akan membuat game yang kamu mainkan semakin lancar.

3. Processor
Processor merupakan perangkat pemrosesan yang mengatur semua aktivitas dalam komputer atau laptop. Atau bisa dibilang prosesor adalah otaknya komputer, tanpa otak komputer tidak akan bisa berpikir atau dijalankan.

Prosesor memiliki kecepatan yang beragam, ada prosesor yang memiliki kecepatan lambat seperti prosesor intel generasi pentium 4 ke bawah, sampai prosesor dengan kecepatan tinggi seperti Intel Core i5 dan i7. Setia prosesor juga memiliki kecepatan (clock speed) nya sendiri-sendiri. Biasanya game PC berat membutuhkan kecepatan prosesor 2,5 keatas.

Semakin cepat clock speed nya makan game yang kamu mainkan semakin lancar. Prosesor memiliki inti otak (core) yang juga beragam, seperti dual core, quad core, dan octacore. Prosesor memiliki pengaruh besar dalam lag tidaknya game.

Laptop yang sering lag jika digunakan untuk memainkan game biasanya memiliki kecepatan prosesor yang rendah, sedangkan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dengn prosesor generasi terbaru dan kecepatan clock speeen 2,5 keatas akan lancar digunakan untuk bermain GTA V sekalipun.

4. Hard Disk
Hard Disk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data di PC atau laptop. Standarnya laptop memiliki Hard Disk 500 GB sedangkan untuk laptop gaming biasanya ukuran Hard Disk nya 1 TB keatas.

Semakin besar ukuran hard disk nya maka game yang bisa kamu simpan akan semakin banyak. Seperti yang kita ketahui game PC sekarang ukurannya besar-besar. Hard Disk tidak berpengaruh dalam performa game dan lag tidaknya suatu game, namun tanpa perangkat ini kamu tidak akan bisa memainkan game, atau menyimpan data game yang sudah kamu mainkan.

5. Ukuran Layar
Untuk bisa memainkan game PC dengan baik, sebaiknya pilihlah layar ukuran standar yaitu 14 inch. Dengan ukuran layar ini, akan membuat kita lebih nyaman dlam bermain game. Selain itu, ukuran layar ini juga mendukung semua jenis game PC baik ringan maupun berat. 

6. Merk
Merk laptop memiliki pengaruh yang cukup besar dalam memainkan game. biasanya laptop dengan merek terkenal seperti Dell, Asus, Lenovo, Acer dll memiliki kualitas dan kemampuan yang baik. Setiap merek memiliki kelebihan sendiri-sendiri, contohnya seperti Dell yang memiliki desain kokoh, tahan lama dan kuat bagaikan HP Nokia jadul namun harganya mahal.

Asus yang memiliki ketahanan yang baik dan harga yang terjangkau namun spesifikasinya tidak sebaik Lenovo. Lenovo yang memiliki harga yang paling murah, spesifikasi yang tinggi namun desainnya rapuh sehingga mudah rusak. Acer yang memiliki kualitas tinggi, tahan lama namun harganya lebih tinggi dibandingkan Asus dan Lenovo.

7. Desain
Desain berpengaruh dalam ketahanan laptop yang kita gunakan. Desain yang terlalu ramping dan rapuh akan membuat laptop kita tidak tahan lama. Untuk itu pastikan laptop yang akan kamu beli atau akan kamu gunakan untuk bermain game cukup kuat.

Caranya yaitu dengan mengecek layarnya, apakah fleksibel dan mudah dibengkokkan sepeti triplek ataukah kokoh dan kuat seperti kayu jati. Desain yang rapuh biasanya terdapat dalam laptop merek Lenovo, sedangkan yang cukup kuat ada dalam merek Asus.

Dan yang paling kokoh dan kuat biasanya dimiliki dalam laptop merek Dell. Jika ingin tahan lama sayasarankan membeli laptop merek Dell dengan spesifikasi yang tinggi agar tidak lag saat digunakan untuk gaming.

Kesimpulan
Dari semua pertimbangan diatas, bisa kita lihat bahwa cukup banyak hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli laptop gaming. Mulai dari RAM, prosesor, VGA, dll. Jika kamu masih bingung dengan penjelasan di atas, berikut ini saya buat spesfifikasi khusus menurut penulis sendiri yang bisa kamu gunakan untuk memainkan semua game PC dengan cukup lancar:
RAM: 4 GB
Prosesor: Core i5
VGA: Nvidia GeForce 2 GB
HD: 1 TB
Ukuran layar: 14 inci
Merk: Dell
Desain: Kokoh, kuat, atau cukup kuat




Demikianlah Artikel 7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game

Sekianlah artikel 7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 7 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Laptop/PC Kuat Digunakan Bermain Game dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/09/7-hal-penting-yang-perlu-diperhatikan.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done