Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu - Sijunjung Xcoder

Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu

Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Linux, Artikel Ubuntu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu
link : Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu

Baca juga


Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu

     Kali ini saya akan mengonfigurasi Virtual Private Network di Linux Ubuntu. Konfigurasi ini bisa dipakai di segala jenis linux seperti linux mint ataupun debian. Syarat utama konfigurasi ini adalah Linux sudah harus terkonfigurasi Routing, jika linux kamu belum terkonfigurasi routing bisa coba di konfigurasi dulu, tutorialnya ada di link ini Konfigurasi Routing. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi maka kita bisa melanjutkan konfigurasi VPN Server.

     Topologinya seperti ini
     1. Pertama seperti biasa buka terminal ubuntu dan masuk sebagai root, lalu install pptpd
         apt-get install pptpd

     2. Kemudian ubah konfigurasi di pptpd.conf, ubah local ip dan remote ip. Remote ip adalah ip vpn untuk ubuntu, sedangkan remote ip adalah ip untuk client vpn yaitu windows 8.
         nano /etc/pptpd.conf
         localip 10.10.10.1
         remoteip 10.10.10.2

     3. Lalu konfigurasi dns server untuk koneksi vpn di pptpd-options, ubah ms-dns menjadi 8.8.8.8 yaitu dns google.
         nano /etc/ppp/pptpd-options
         ms-dns 8.8.8.8

     4. Ubah konfigurasi chap-secrets untuk membuat user dari koneksi vpn, disini usernamenya saya beri nama user dan passwordnya user, servernya adalah pptpd dan ip addressnya adalah * agar user ini bisa digunakan koneksi pptpd dengan ip apapun
         nano /etc/ppp/chap-secrets
         user     pptpd     user     *
  
     5. kemudian restart pptpd
         service pptpd restart

     6. Lalu kita beralih ke konfigurasi client windows 8, kita buka control panel>network and internet>network and sharing center, lalu buat koneksi baru

     7. Lalu pilih VPN

     8. Setelah itu masukkan ip eth ubuntu yaitu 192.168.99.1, destination name nya optional atau terserah namanya, mau kamu buat ubuntuvpn atau akusayangkamu juga boleh.

     9. Buka menu network, jika vpn tadi sudah dibuat maka VPN Connection (ubuntuvpn) akan muncul, lalu tinggal konekkan

     10. Kemudian masukkan user dan password yang sudah dibuat di /etc/ppp/chap-secrets

     11. Setelah konek kita coba cek ip-nya, jika ip nya sudah sesuai dengan yang kita konfigurasi dan bisa konek internet karena konfigurasi routing, maka konfigurasi VPN Server berhasil.




Demikianlah Artikel Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu

Sekianlah artikel Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Konfigurasi VPN Server (PPTP) di Ubuntu dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/10/konfigurasi-vpn-server-pptp-di-ubuntu.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done