Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer - Sijunjung Xcoder

Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer

Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer - Hallo sahabat Sijunjung Xcoder, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jaringan, Artikel Materi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer
link : Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer

Baca juga


Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer


     Osi layer atau model 7 lapis osi adalah suatu model artsitektur jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standarization pada tahun 1977. Kepanjangan Osi adalah Open System Interconnection. Osi layer terdapat dua jenis layer
  1. Layer Media (Physical, Data Link, Network)
  2. Layer Host (Transport, Session, Presentation, Application)

Osi layer ini terdiri dari 7 lapis yaitu :

1. Physical (Bit)
    Layer physical merupakan komponen komponen fisik yang dibutuhkan pada suatu jaringan. Seperti NIC (Network Interface Card). Selain NIC, pengkabelan juga masuk ke layer ini. Pengkabelan seperti kabel UTP, Fiber Optic dan Kabel Koaksial. Tentu RJ45 juga masuk dalam contoh layer ini. Contoh NIC, Kabel UTP, Kabel Fiber, Kabel Koaksial, RJ45, dan Topologi Jaringan.

2. Data Link (Frame)
   Berfungsi mengoreksi kesalahan pada jaringan, mengontrol data yang melewati jaringan, pengalamatan perangkat keras (MAC Address) dan mengatur perangkat seperti Switch, hub, repeater, dan bridge dalam untuk beroperasi. Contoh MAC Address, Switch Layer 2, Hub, Repeater, Bridge, LLC, PPP, PPTP, dan VLAN.

3. Network (Packet)
    Memiliki fungsi untuk mengatur Alamat IP, Membuat header untuk paket sebelum dikirimkan oleh layer transport dan melakukan routing jaringan. Contoh IP Address, Router, Switch layer 3, ICMP, Routing OSPF, dan ARP

4. Transport (Segment)
    Berfungsi untuk memecah paket dan menyusun kembali saat sudah sampai tujuan (mengirim atau mentransfer paket). Contoh TCP dan UDP.

5. Session (Data)
   Befungsi untuk membuat, menjaga, dan memutuskan sebuah koneksi dalam jaringan. Contoh Simplex, Half Duplex, Full Duplex.

6. Presentation (Data)
    Berfungsi mengubah transmisi aplikasi menjadi format yang dapat ditransmisikan oleh jaringan. Contoh RDP (Remote Desktop Protocol), SSL, TLS dan segala jenis Enkripsi termasuk dalam layer ini.

7. Application (Data)
    Berfungsi untuk membaca dan mengeksekusi data dalam jaringan serta mengatur aplikasi agar dapat mengakses jaringan. Contoh HTTP, FTP, SMTP, DNS, NTP, DHCP, SNMP, Telnet, Routing RIP, dan Routing BGP.




Demikianlah Artikel Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer

Sekianlah artikel Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian, Jenis dan Contoh Osi 7 Layer dengan alamat link https://sijunjung-xcoder.blogspot.com/2018/12/pengertian-jenis-dan-contoh-osi-7-layer.html

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done